N Nilai-Nilai Pembangun Karakter Dalam Ajaran Hindu

Penulis

  • Putu Trisna Sintyadewi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/japam.v3i02.792

Kata Kunci:

Character Values, Hindu Teachings

Abstrak

Tujuan penulisan ini untuk mengalisis secara mendalam mengenai ajaran karakter yang merupakan perilaku yang tampak atau dimiliki  oleh masing-masing manusia yang dapat dilihat dalam tindakan maupun sikap kepada semua orang berlandaskan ajaran agama atau kebenaran. Perilaku yang tampak ini akan terlihat jelas dan bisa dipengaruhi oleh berbagai hal seperti hal positif maupun hal negatif seseorang tergnatung bagaimana lingkungan tersebut memberikan pengajaran pemahaman dari ajaran karakter melalui nilai-nilai yang wajib diketahui oleh semua manusia. Sebab karakter cerminan nilai-nilai yang terbentuk dalam diri kita masing-masing yang didapat melalui pendidikan, pengalaman, serta pengaruh lingkungan.  karakter tentu memiliki nilai-nilai yang bertujuan untuk memberikan pemahaman sekaligus dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan dimana saja dan kapan saja. Pentingnya tulisan agar dapat menganalisis dari nilai-nilai pembangun karakter pada ajaran Hindu karena melalui nilai-nilai inilah yang akan menjadi jembatan penghubung setiap orang agar menciptakan pribadi yang baik, berguna serta bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Kata kunci: Nilai-Nilai Karakter, Ajaran Hindu

Referensi

Arsini, N. W., & Sutriyanti, N. K. (2020). Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Hindu pada Anak Usia Dini. Denpasar: Yayasan Gandhi Puri.

Dantes, N., Astawa, I. B. M., Ariawan, I. P. W., & Suyasa, P. W. A. (2020). Buku Ajar Kependidikan. Depok: RajaGrafindo Persada.

Darmodiharjo, D., & Shidarta. (2006). Pokok-Pokok Filsafat Hukum Apa dan Bagaimana Filsafat Hukum Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.

Munifah. (2020). Rekonsepsi Pendidikan Karakter Era Kontemporer Konstruk Epistemologis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Indonesia Melalui Evaluasi Model CIPP. Bandung: Cendekia Press.

Naim, N. (2012). Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nantra, I. K. (2020). Pendidikan Karakter"Kunci Pembangunan Manusia. Surabaya: Paramita.

Pudja MA, G. (2003). Bhagawad Gita (Panca Veda). Surabaya: Paramita.

Singer, I. W. (2015). Pendidikan Karakter Belandaskan Tri Kaya Parisudha. Denpasar: Pustaka Manikgeni.

Soedarsono, S. (2008). Membangun Kembali Jati Diri Bangsa Peran Penting Karakter dan Hasrat untuk Berubah. Jakarta: Gramedia.

Suhardana, K. M. (2007). Tri Kaya Parisudha Bahan Kajian Untuk Berpikir Baik, Berkata Baik, dan Berbuat Baik. Surabaya: Paramita.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstrak viewed = 131 times