PENGEMBANGAN KOGNITIF PADA PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PEMBELAJARAN AGAMA HINDU DI SD NO. 11 JIMBARAN KABUPATEN BADUNG

Penulis

  • Ni Kadek Sinta Pratiwi SD No. 11 Jimbaran

DOI:

https://doi.org/10.25078/japam.v3i02.2687

Kata Kunci:

Cognitive, Education, Holistic, Hinduism

Abstrak

ABSTRAK

Kognitif merupakan salah satu bidang kompetensi dalam pendidikan holistik yang harus dikembangkan. Perkembangan kognitif dapat dikembangkan melalui berbagai pembelajaran, salah satunya pembelajaran agama Hindu. Pengembangan kognitif di SD No. 11 Jimbaran dalam pembelajaran agama Hindu sebenarnya sudah dilakukan namun masih banyak hal yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran dan metode yang digunakan guru agar siswa tertarik untuk belajar. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian yang berjudul “Pengembangan Kognitif Pendidikan Holistik Pada Pembelajaran Hindu Di SD No. 11 Jimbaran Kabupaten Badung”. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi interpretatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, literatur dan studi dokumen. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, pengembalian kesimpulan.

Berdasarkan analisis data ditemukan (1) Proses pengembangan kognitif pada pendidikan holistik pada pembelajaran Hindu di SD No. 11 Jimbaran sesuai dengan konsep pendidikan holistik yang dilakukan melalui tiga aspek yaitu aspek keterhubungan, aspek keterbukaan dan aspek keseimbangan. (2) Metode yang digunakan sebagai solusi pengembangan kognitif dalam pendidikan holistik pada pembelajaran Hindu di SD No. 11 Jimbaran Kabupaten Badung adalah dharma carita, dharma gita, dharma kriya, dharma lila. (3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat pengembangan kognitif pada pendidikan holistik pada pembelajaran agama Hindu di SD No. 11 Jimbaran Kabupaten Badung yang terdiri dari masing-masing faktor internal dan faktor eksternal.

Kata Kunci : Kognitif, Pendidikan Holistik, Agama Hindu

Referensi

Arrohman, M. L. (2022). Kompetensi Kognitif Geografi. Guepedia.

Aspahani, E. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP GITA BANGSA PANONGAN TANGERANG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH.

Bajuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI, 37.

Depdiknas. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Gramedia.

Erna. (2021). Permainan dalam Pembelajaran Sebagai Motivasi Belajar di Era New Normal. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Hariana, K. (2017). Banten Canang Sari sebagai Identitas Budaya Bali dalam Pewarisan Pendidikan Estetika dan Ecoart di Sulawesi Tengah. FBS Unesa.

Maswinara, I. W. (2003). Srimad Bhagawad Gita Dalam Bahasa Sanskrta, Inggris dan Indonesia. Paramita.

Miller, J. P. (2005). Holistic Learning and Spirituality in Education. State University of New York.

Nikmah, R. R. (2018). Bimbingan Konseling Berbasis Evaluasi dan Supervisi. Araksa.

Paramita, I. G. A., & Utama, I. W. B. (2018). Filsafat Pendidikan Menurut Pemikiran Hindu. Dharmasmrti.

Pratiwi, N. K. (2022). Metode Pembelajaran Dasa Dharma Sebagai Implementasi Pendidikan Holistik. Jaya Pangus Press.

Subagia, I. N. (2021). Susila Hindu Pembelajaran, Dukungan dan Implikasi dalam Membentuk Karakter Siswa. Nilacakra.

Sudarsana, I. K. (2018). Pengantar Pendidikan Agama Hindu. INA-Rxiv, 2.

Titib, I. M. (2008). Buku Panduan Pelatihan Membangun Kecerdasan Holistik (PMKH). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Depdiknas.

Widyastono, H. (2012). Muatan Pendidikan Holistik Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstrak viewed = 161 times