PENDIDIKAN ĀTMAVIDYĀ SEBAGAI METODE PENGENDALIAN DIRI DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Penulis

  • I Made Dwi Susila Adnyana Dwik SMA Negeri 3 Negara

DOI:

https://doi.org/10.25078/japam.v3i02.2431

Kata Kunci:

Atmavidyā Education, Self-Control Methods, Industrial Revolution 4.0

Abstrak

Revolusi industri 4.0 merupakan model transformasi industri revolusioner yang berbasis pada koneksitas sistem siber dalam implementasinya. Perubahan peradaban dunia yang sangat cepat di berbagai negara, ditandai dengan penggunaan sistem informasi tanpa batas berbasis komputasi dan big data. Dampak positif yang bisa dirasakan ialah kemudahan dalam mengakses informasi dengan menggunakan gadget, mudahnya pembelajaran dengan menggunakan e-learning, dan lain sebagainya. Namun disisi lain, revolusi industri 4.0 juga memberikan dampak negatif seperti lebih rentan terhadap serangan cyber dan mudah masuknya situs ilegal, sehingga sangat riskan terhadap degradasi moral manusia. Untuk dapat mengantisipasi dan meminimalisir perkara tersebut, dibutuhkan sebuah metode khusus yang bertujuan sebagai pengendalian diri. Apabila dalam diri manusia sudah dapat dikendalikan dan dikontrol sesuai dengan kaidah kebenaran (dharma), maka output yang dihasilkan juga akan sesuai dengan hakikat “manusia” yang sesungguhnya, yaitu ‘manut teken sesana’. Berkaitan dengan hal tersebut, maka akan timbul sebuah pertanyaan: metode apakah yang dapat digunakan untuk mengendalikan diri dalam menghadapi revolusi industri 4.0? Metode tersebut ialah melalui pendidikan Ātmavidyā.

Kata Kunci: Pendidikan Ātmavidyā, Metode Pengendalian Diri, Revolusi Industri 4.0

Referensi

Adams, Beck Lily. (2020). Sejarah Filsafat Timur. Yogyakarta: Indoliterasi.

Adnyana, I Made Dwi Susila. (2021). Dharma Acarya: Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu untuk Menembus Portal Revolusi Industri 4.0. Badung: Nilacakra Publisher.

Adnyana, I Made Dwi Susila. (2021). Filterisasi Era Kali Yuga Berlandaskan Pendidikan Agama Hindu. PANDU NUSA Provinsi Bali: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Acarya Mahottama Vol. (03) No. (02). ISSN: 2620-6609.

Arniati, Ida Ayu Komang. (2013). Etika Pembebasan dalam Agama Hindu. Denpasar: UNHI Press.

Asiah, Khoirul., dkk. (2020). Revolusi Industri 4.0 dan Pengaruhnya pada Kenakalan Remaja. Diakses melalui https://ejurnal.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/SHINE/article/view/81/28 pada tanggal 14 Februari 2023.

Cologne Digital Sanskrit Dictionaries: Benfey Sanskrit-English Dictionary. (2021). Atmavidya, Ātmavidyā, Atman-vidya: 12 definitions. Tersedia secara online di https://www.wisdomlib.org/definition/atmavidya.

Dewey, John. (1944). Democracy and Education. New York: Free Press.

Donder, I Ketut. (2006). Brahmavidya: Teologi Kasih Semesta. Surabaya: Paramita.

Donder, I Ketut. (2017). Unsur-unsur Sains dan Teknologi dalam Ritual Hindu. Surabaya: Paramita.

Hermann, Mario, et. all. (2016). Design Principles for Industrie 4.0. New Jersey: Institute of Electrical and Electronics Engineers Scenarios.

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Lorens, Bagus. (2002). Kamus Filsafat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ningsih, Murti. (2019). Pengaruh Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Dunia Teknologi di Indonesia. Diakses melalui https://doi.org/10.31219/osf.io/pswmu pada tanggal 20 Desember 2022.

Poerwadarminta, W.J.S (2011). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ranganathananda, Swami. (2000). Pesan Universal Bhagawad Gita 1. Jakarta: Media Hindu.

Sivananda, Swami. (1996). Yoga Asanas. Semarang: PT. Mandira.

Soetrisno, Eddy. (2013). Kamus Populer Bahasa Indonesia. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia.

Sugiharta, Dewa Made Bali. (2019). Konsep Prawerti dan Niwerti pada Kitab Katha Upanisad sebagai Media Pendidikan Teologi Masyarakat Bali. IHDN Denpasar: Jurnal Yoga dan Kesehatan Fakultas Brahma Widya Jurusan Yoga Kesehatan Vol. (02) No. (02). ISSN: 2621-0185.

Suhardana, K. M. (2009). Prawerti dan Niwerti Marga. Surabaya: Paramita.

Suparta, Ida Kade. (2018). Internalisasi Ajaran Yama dan Niyama pada Siswa melalui Ekstrakurikuler Yoga di Sekolah Menengah Pertama Dwijendra Mataram. Tersedia secara online di https://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/WS/article/download/102/38.

Surpa, I Wayan. (2016). Melalui Pembinaan Karakter Kita Tingkatkan Kehidupan Beragam. Denpasar: Universitas Udayana.

Tim Prima Pena. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gitamedia Press.

Titib, I Made. (2009). Teologi & Simbol-Simbol dalam Agama Hindu. Surabaya: Paramita.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstrak viewed = 135 times