MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK MELALUI KOLASE DENGAN MEDIA DAUN KERING
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.810Kata Kunci:
Kata kunci: Perkembangan, Motorik Halus, KolaseAbstrak
Abstrak
Setiap individu anak usia dini memiliki potensi untuk mengalami masalah. Salah satu masalah individu tersebut adalah perkembangan motorik halus pada anak. Perkembangan motorik halus ini berkaitan dengan pengembangan kemampuan dalam menggunakan jari untuk digunakan dalam berbagai kegiatan. Pemasalahan dalam perkembangan motorik halus ini ditemukan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik halus anak dan dilakukan untuk mengetahui penerapan keterampilan motorik halus pada anak dengan melakukan kegiatan kolase. Suatu bentuk kemampuan yang perlu dikuasai oleh seorang anak adalah kemampuan motorik fisik, yang dibagi menjadi dua yaitu motorik halus dan motorik kasar. Keterampilan motorik anak perlu dikembangkan secara optimal. Media yang dapat mengembangkannya diantaranya dengan menggunakan media kolase karena sesuai dengan aturan yang harus dimiliki oleh seorang anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur atau studi kepustakaan yaitu dengan tekhnik pengumpulan, pengolahan dan analisis dari berbagai sumber atau referensi jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pemasalahan yang diteliti. Dengan analisis data menghubungkan masalah dengan teori yang terkandung dalam jurnal ilmiah atau dari buku yaitu untuk memecahkan suatu masalah. Adapun hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media kolase sangat efisien dan cocok untuk digunakan dalam pengembangan aspek motorik halus pada anak sehingga anak dapat melakukan koordinasi antara mata dan tangan seperti menyusun, merobek, dan menempel di dalam kegiatan kolase.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Alisah Nur Azizah, Heri Yusuf Muslihin, Taopik Rahman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.






