Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B TK Neo Genesis
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v10i1.4023Kata Kunci:
Early Childhood, Cognitive Ability, Collaborative Learning ModelAbstrak
Kemampuan kognitif anak usia dini sangat penting untuk ditingkatkan melalui model pembelajaran yang bervariasi dan beragam salah satunya yaitu melalui model pembelajaran collaborative learning. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak Kelompok B TK Neo Genesis melalui penerapan model pembelajaran collaborative learning. Proses pelaksanaan kegiatan penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran collaborative learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B TK Neo Genesis. Hasil tersebut terlihat pada kenaikkan persentase ketuntasan anak pada tahap observasi awal sebanyak 4 anak (20%), pada Siklus I persentase meningkat menjadi 9 anak (45%), dan pada Siklus II persentase kemampuan kogniitif anak meningkat lagi menjadi 17 anak (85%). Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran collaborative learning mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B TK Neo Genesis.
Referensi
Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Baiti, N. (2021). Perkembangan Anak Melejitkan Potensi Anak Sejak Dini. Geupedia.
Bano dkk. (2022). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Pradina Pustaka.
Diana, P. Z., Pd, S., & Pd, M. (2020). Collaboartive Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.
I. Narsa, Nur Wulan, N. R. (2022). Panduan Metode Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipasi. Airlangga University Press.
Kemendikbudristek. (2022). Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud, 6–8.
Kusbiantari, D., Wahyuni, W., & Nuryanti, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Mengklasifikasi Benda Melalui Aktivitas Bermain Dengan Media Alam Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid 19 Pada Peserta Didik Kelompok A Tk Marsudi Ilmi Cabak Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Jurnal Sentra Cendekia, 3(1), 20. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i1.2004
Mulyati, Y., & Parwati, N. P. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Ipa 3 Sma Dharma Praja Denpasar Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Jurnal Nirwasita, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550259
PP-No-4-tahun-2022. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaga Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022, 1–16. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022
Prima, E., & Lestari, P. I. (2017). Implementasi Token Economy Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Media Edukasi, 1, 47–55.
Roliana, E. (2018). Urgensi Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Nasional Pendidikan Dasar, 2015, 417–420.
Rozana, S. & D. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini teori & praktik. Edu Publisher.
Santosa, E. B. (2021). Self-Regulated Learning: Kajian Teoritis dan Praktis dalam Proses Pembelajaran. Academia Publication.
Sari, R. I., Niswah, C., & Sofyan, F. A. (2022). Hubungan Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Muslimat NU 2 Palembang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1105–1113.
Sastrawati NK, Suryaningsih NMA, R. C. (2023). Improving Cognitive Ability through Fun Thinkers Book Media in Group B Children at Giri Wangi Kindergarten Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Media Fun Thinkers Book pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Universitas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Humaniora (JAKADARA), 2(2), 217–230.
Sulyandari, A. K. (2021). Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Geupedia.
Sunismi, A. H. F. (2017). Pengembangan Model Collaborative Learning Matematika Berbasis Media. Jurnal Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, April, 178–188.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Kencana.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Perdana Media Group.
Wati, Y. S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar di PAUD. Penerbit Gava Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Elfiras Handayani Baene, Elizabeth Prima, Ni Made Ayu Suryaningsih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.