id THE IMPACT OF BULLYING ON PSYCHO-SOCIAL EARLY CHILDHOOD
DOI:
https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1563Kata Kunci:
Kata Kunci: bullying, psikososial, anak usia diniAbstrak
Fenomena yang terjadi dan sedang ramai diperbincangkan sekarang adalah bullying. Bukan hal yang asing lagi tetapi banyak orang tua yang masih menutup mata tentang hal ini. Kurangnya pengetahuan orang tua terhadap bullying dan dampaknya menyebabkan tidak adanya penanganan yang serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak bullying terhadap psikososial anak dan memberikan edukasi kepada orang tua tentang bahaya bullying bagi perkembangan psikososial anak. Penelitian ini dilakukan di Desa Tanjung Gelumpang Kab. Aceh Tamiang menggunakan metode studi kasus. Adapun subjek yang digunakan adalah dua orang dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak bullying terhadap psikososial anak adalah anak tidak berani beradaptasi dengan lingkungannya, selalu merasa bersalah, berani menunjukkan gagasan dan ide hanya jika di dampingi orang tuanya. Jadi, kesimpulannya adalah kasus bullying dapat mempengaruhi psikososial anak usia dini.
Kata Kunci: bullying, psikososial, anak usia dini
Referensi
Alsaker, F. D., & Valkanover, S. 2012. The Bernese Program against Victimization in Kindergarten and Elementary School. New Directions for Youth Development, 2012(133), 15–28. https://doi.org/10.1002/yd.20004.
Amini, Mukti. 2014. Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini: 65.
Arumsari, and Adiyanti. 2013. Meningkatkan Keterampilan Guru Menangani Bullying: Metode Support Group. (etd.repository.ugm.ac.id).
Arya, Luthfi. 2015. Melawan Bullying Menggagas Kurikulum Anti Bullying Di Sekolah. bandung.
Astuti, RETNO PONNY. 2008. Tiga Cara Meredam Bullying. 1st ed. JAKARTA: pt gramedia widasarana indonesia.
Bahri, Husnul. 2011. Tumbuh Kembang Dan Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini. bengkulu: penerbit panda.
Davit setiawan. 2014. Rupanya Kasus Bully Sudah Ada Sejak Di Pendidikan Usia Dini. Kpai.go.id.
Dey Putri, Lidia Anjelina, Elindra Yetti, and Sofia Hartati. 2020. Pengaruh Keterlibatan Orangtua Dan Regulasi Diri Terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2): 715.
Djamil, M. Nasir. 2013. Anak Bukan Untuk Dihukum. jakarta: PT sinar grafika.
Dr. Farida Nugraha, M.Hum. 2010. Metode Penelitian Kualitatuf. Jakarta: Gramedia Indonesia.
Dr. yudho bawono, S.Psi, M.Si. 2020. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. yogyakarta: bintang pustaka madani.
Elliot, Michele (ed). 2008. Bullying, A Practical Uide to Coping for Schols, 3rd Edition. London: Pearson Education in Association with Kidscape.
Erfantinni, imro’atul hayyu. 2019. Psikollgi Perkembangan Anak. malang: UIN MALIKI Press.
Erikson, Erik. 2010. Teori Perkembangan Sosial. JAKARTA: pt gramedia widasarana indonesia.
Horne, M. A., Bartolomucci, C. L., & Carlson, D. N. 2004. Elementary School Bully Buster Program: Understanding Why Children Bullying and What To Do About It. In A. Espelage, D. L., B. Swearer, S. M (Eds). Bullying in America Schools: A Social Ecological Perspective on Pervention and Intervention (Pp. 297-325).
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. jakarta.
Mahriza, Rita, Meutia Rahmah, and Nani Endri Santi. 2020. Stop Bullying: Analisis Kesadaran Dan Tindakan Preventif Guru Pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 891–99.
Prawesti, Angraini. 2014. Celebrate Your Weirdness Pisoteens: Pisitive Teens Agaginst Bullying. jakarta: PT gramedia.
Priyatna, Andi. 2010. Lets End Bullying Memahami Mencegah Dan Mengatasi Bullying. jakarta.
Putri, Dewi Aru, and Widhiyanti Metra. 2016. Media Anti Bullying: Pembimbingan Anak Usia Dini Pada Taman Kanak Di Kota Singaraja.” p-issn: 1410-4369, Vol 5, No 1, bulan%0AJanuari.
Sejiwa. 2008. Bullying Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak. jakarta.: Grasindo
Siswati, & Widayanti, C. G. 2009. Fenomena Bullying Di Sekolah Dasar Di Semarang: Sebuah Studi Deskriptif. Jurnal Psikologi Undip, 5 (2).
Susanto, Ahmad. 2016. Dasar-Dasar Pendidikan TK. bandung: PT gramedia indonesia.
Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. bandung.
Thahir, Andi. 2018. Psikologi Perkembangan.
Tiara, Eriqa Pratiwi dan Dinda Rizki. 2021. Jea (Jurnal Edukasi Aud) Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Jurnal Edukasi AUD 6(1): 44–57.
Umanailo, M. C. B. 2019. Max Weber. https://doi.org/10.31219/osf.io/ep7bn.
Wijayani, Novan. 2012. Save Our Children from School Bullying. 2nd ed. jogjakarta: ar-ruzz media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ade Tursina, Rita Mahriza, Iqlima

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.