ANALISA FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN PARIWISATA BUDAYA

Penulis

  • Md. Yudyantara Risadi
  • Luh Kompiang Sari
  • Ni Luh Putu Uttari Premananda Universitas Hindu Negeri I Gusti Nagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/pariwisata.v7i1.633

Kata Kunci:

Extrinsic, Intrinsic, Motivation

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa Jurusan Pariwisata Budaya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan motivasi tertentu yang memberikan pengaruh paling baik terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memberikan kuisioner terdiri dari 20 pernyataan serta menggunakan Skala Likert. Teknik sample yang digunakan adalah sampling jenuh. Data dari kuisioner tersebut dianalisis dengan prsedur statistik dan dijelaskan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa faktor motivasi dari luar memiliki kontribusi yang lebih baik dibandingkan faktor motivasi dari dalam dan didalam motivasi dari luar terdapat kualitas dari pengajar dan bahan ajar yang menjadi sub-faktor paling dominan untuk mempertahankan motivasi belajar. Oleh karena itu, kualitas pengajar dan bahan ajar yang digunakan harus ditingkatkan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa

Diterbitkan

2022-03-31

Cara Mengutip

Yudyantara Risadi, M. ., Sari, L. K., & Premananda, N. L. P. U. (2022). ANALISA FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN PARIWISATA BUDAYA. Jurnal Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 7(1), 45–50. https://doi.org/10.25078/pariwisata.v7i1.633

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstrak viewed = 365 times