ANALISA FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN PARIWISATA BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.25078/pariwisata.v7i1.633Kata Kunci:
Extrinsic, Intrinsic, MotivationAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar bahasa Inggris mahasiswa Jurusan Pariwisata Budaya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan motivasi tertentu yang memberikan pengaruh paling baik terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memberikan kuisioner terdiri dari 20 pernyataan serta menggunakan Skala Likert. Teknik sample yang digunakan adalah sampling jenuh. Data dari kuisioner tersebut dianalisis dengan prsedur statistik dan dijelaskan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa faktor motivasi dari luar memiliki kontribusi yang lebih baik dibandingkan faktor motivasi dari dalam dan didalam motivasi dari luar terdapat kualitas dari pengajar dan bahan ajar yang menjadi sub-faktor paling dominan untuk mempertahankan motivasi belajar. Oleh karena itu, kualitas pengajar dan bahan ajar yang digunakan harus ditingkatkan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa