PENGARUH AMENITAS DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA WISATA BAHARI PANTAI MELASTI BALI
Kata Kunci:
Amenitas, Aksesibilitas, Kepuasan Wisatawan, Pantai Melasti, Wisata BahariAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh amenitas dan aksesibilitas terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Melasti, Bali. Amenitas dan aksesibilitas dianggap sebagai faktor penting yang memengaruhi pengalaman wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner dari 100 responden. Uji validitas dan reliabilitas memastikan kualitas instrumen penelitian, sedangkan analisis regresi linear berganda mengukur pengaruh variabel-variabel tersebut. Hasil menunjukkan bahwa amenitas dan aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, menjelaskan 61,9% dari variasi kepuasan wisatawan, sedangkan 38,1% sisanya dipengaruhi faktor lain. Temuan ini menunjukkan pentingnya perbaikan fasilitas dan akses ke Pantai Melasti untuk meningkatkan kepuasan pengunjung dan dapat menjadi referensi bagi pengelola dalam pengembangan fasilitas dan infrastruktur di destinasi wisata bahari.
Unduhan
Referensi
Acharya, S., Mekker, M., & De Vos, J. (2023). Linking Travel Behavior And Tourism Literature: Investigating The Impacts Of Travel Satisfaction On Destination Satisfaction And Revisit Intention. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 17, 100745.
Https://Doi.Org/10.1016/J.Trip.2022.100745
Biswas, C., Omar, H., & Rashid-Radha, J. Z. R. R. (2020). The Impact Of Tourist Attractions And Accessibility On Tourists’ Satisfaction: The Moderating Role Of Tourists’ Age. Geojournal Of Tourism And Geosites, 32(4), 1202–1208.
Https://Doi.Org/10.30892/Gtg.32402-558
Dewi Ratna Sari. (2022). Pengaruh Amenitas Dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Taman Margasatwa Semarang. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 18(2), 80–90.
Https://Doi.Org/10.56910/Gemawisata.V18i2.217
Faramedina, N., Lina Devika Arintawati, M., & Hariani, M. (2024). Pengaruh Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Niat Berkunjung Kembali Pada Alun-Alun Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 1–14.
Https://Doi.Org/10.36490/Jmdb.V3i1.1217
Febriyana, G. M. S., Suprastayasa, I. G. N. A., & Darmiati, M. (2020). Do Facilities Affect Tourists’ Satisfaction At Natural Tourist Attraction? A Case At Tegenungan Waterfall In Bali. Trj Tourism Research Journal, 4(2), 104.
Https://Doi.Org/10.30647/Trj.V4i2.94
Fikiya, M., Fathoni, M., & Yetty, F. (2021). Pengaruh 4a Pariwisata Halal Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Ke Dki Jakarta.
Handayani, S., Wahyudin, N., & Khairiyansyah, K. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis.
Luong, T.-B. (2023). The Role Of Satisfaction In The Relationship Between Destination Image And Behavioral Intention: A Case Study Of Vietnamese Visitors To Thailand. Journal Of Policy Research In Tourism, Leisure And Events, 1–23.
Https://Doi.Org/10.1080/19407963.2023.2231475
Nusabali.Com. (2024). Kunjungan Wisatawan Ke Pantai Melasti Melonjak.
Oktavia, H. (2021). Analisis Pengaruh Komponen Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Bahari. Jurnal Enggano.
Opilia Arpiani Putri & Ana Noor Andriana. (2021). Analisis Atraksi Amenitas Dan Aksesibilitas Dalam Meningkatkan Kepuasan Wisatawan (Studi Kasus Pantai Biru Kersik Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara). Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 2(1), 51–58.
Https://Doi.Org/10.53356/Diparojs.V2i1.49
Peng, Y., & Jiang, X. (2022). Analysis Of Tourist Satisfaction Index Based On Structural Equation Model. Journal Of Sensors, 2022, 1–12.
Https://Doi.Org/10.1155/2022/6710530
Prameswari, I., & Fatimah, S. (2020). Amenitas Kawasan Wisata Pantai Air Manis Tahun 2011-2018. Jurnal Kronologi, 2(4), 235–246.
Https://Doi.Org/10.24036/Jk.V2i4.74
Prawira, S., & Pranitasari, D. (2020). Pengaruh Aksesibilitas, Inovasi Dan Kualitas Pelayanan Fasilitas Publik Terhadap Kepuasan Penumpang Disabilitas Di Kereta Rel Listrik Jakarta.
Saway, W., Alvianna, S., Estikowati, E., & ... (2021). Dampak Atraksi, Amenitas Dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung.
Setiyawan, E., Winarno, G. D., Fitriana, Y. R., & Yuwono, S. B. (2021). Identifikasi Persepsi Responden Terhadap Wisata Alam Pusri, Danau Ranau Oku Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Rimba Lestari, 1(1), 12–22.
Https://Doi.Org/10.29303/Rimbalestari.V1i1.386
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.
Https://Doi.Org/10.61104/Ihsan.V1i2.55
Susianto, B., Johannes, J., & Yacob, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci.
Thanikkad, J., & Kumar, S. (2022). The Perceptions Turned Chaff At The Destination – Experience Effect On Cultural Tourists’ Satisfaction. International Journal Of Leisure And Tourism Marketing, 7(3), 215.
Https://Doi.Org/10.1504/Ijltm.2022.122453
Tungga, S. M., Soegoto, A. S., & Poluan, J. G. (2022). Pengaruh Atribut Destinasi Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Tetetana Kumelembuai Tomohon. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 641.
Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V10i2.40172