KREATIFITAS DAN INOVASI UNTUK DAYA SAING USAHA PARIWISATA KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.25078/pariwisata.v8i1.2016Kata Kunci:
Industri Pariwisata dan ekonomi kreatif,, wisata kreatif, inovasi dan kreatifitas, daya saing usahaAbstrak
Daya saing masih menjadi masalah bagi para pelaku usaha pariwisata kreatif karena dunia usaha berkembang mengikuti zaman apalagi kondisi yang tidak menentu akibat Pandemi Covid-19. Salah satu subsector fesyen industri ekonomi kreatif yang mengalami permasalahan daya saing usaha adalah Pusat Pariwisata Kreatif Rajut Binong Jati Bandung. Upaya yang dilakukan Pusat Pariwisata Kreatif Rajut Binong Jati Bandung sebagai pelaku usaha pariwisata kreatif untuk meningkatkan daya saing usaha di tengah Pandemi Covid-19 yaitu dengan meningkatkan kreativitas dan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap daya saing usaha pariwisata kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode explanatory survey dengan jumlah sampel sebanyak 71 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan perangkat lunak komputer Statistical Product Service Solutions (SPSS) 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas dan inovasi memiliki pengaruh yang cukup tinggi dan tinggi terhadap daya saing usaha wisata kreatif. Pelaku usaha wisata kreatif perlu terus melatih kreativitas dengan cara mengembangkan dan meningkatkan keterampilan dan gagasan baru yang disertai dengan dorongan atau motivasi yang kuat. Mereka juga perlu terus melakukan inovasi produk, pemasaran, model bisnis, dan layanan yang diberikan industri perlu dikembangkan agar siap menghadapi persaingan.