PERANAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBASIS KARAKTER TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN AGAMA HINDU SISWA KELAS IV SDN GUGUS PATTIMURA DENPASAR SELATAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penulis

  • Ni Nyoman Rai Sawitri UHN I Gusti Bagus Sugriwa

DOI:

https://doi.org/10.25078/japam.v4i2.850

Kata Kunci:

cooperative integrated reading and composition, character, Hindu religious knowledge competence

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan  model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbasis karakter terhadap kompetensi pengetahuan Agama Hindu siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data kualitatif biasanya didapat dari hasil wawancara yang bersifat subyektif karna data tersebut ditaksirkan oleh orang yang berbeda. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Ketewel, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Sumber data lainnya adalah orang yang dalam penelitian kualitatif disebut informan. Informan yang dipilih secaara purposive sampling. Purposive sampling  adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dalam penelitian kualitatif ini, makan instrument penelitian yang digunakan berupa : tape recorder, angket terbuka, pedoman wawancara dan catatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan

 

Referensi

Ajat, A. S., & Hambali, R. Y. A. (2021). Analisis Filsafat Paulo Freire Terhadap Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Perspektif, 5(1), 14–32.

http://www.perspektif.uinsgd.ac.id/index.php/JP/article/view/107

Fitriansyah, M. N. (2019). Konsep Pendidikan Humanis Paulo Freire dan Relevansinya dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Freire, P. (1972). Pedagogy of The Oppressed. Trans. Myra Bergman Ramos. Australia: Penguin Books.

Freire, P. (1984). Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan. Diterjemahkan oleh Alois A. Nugroho. Jakarta: PT Gramedia.

Freire, P. (2001). Pendidikan yang Membebaskan. Diterjemahkan oleh Martin Eran. Jakarta Timur: Melibas (Media Lintas Batas).

Freire, P. (2002). Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.

Hanif, M. (2014). Desain Pembelajaran untuk Transformasi Sosial (Studi Perbandingan Pemikiran Paulo Freire dan Ivan Illich tentang Pendidikan Pembebasan). Jurnal Komunika, 8(1), 113–128.

Harisuddin, A. (1981). Teori-Teori Pendidikan Pembebasan Paulo Freire. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Humaeroh, S., Abdulatif, S., Winarti, & Windayana, H. (2021). Pedagogik Kritis dalam Membangun Pendidikan Humanis. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 174–182.

Husni, M. (2020). Memahami Pemikiran Karta Paulo Freire “Pendidikan Kaum Tertindas” Kebebasan dalam Berpikir. Al-Ibrah, 5(2), 41–60.

https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/103

Murtiningsih, S. (2004). Pendidikan Alat Perlawanan: Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. Yogyakarta: Resist Book.

Siswadi, G. A. (2022a). Pemikiran Filosofis Paulo Freire Terhadap Persoalan Pendidikan dan Relevansinya dengan Sistem Merdeka Belajar di Indonesia. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 9(2), 142–153.

Siswadi, G. A. (2022b). Relasi Pendidik dengan Peserta Didik dalam Pandangan Paulo Freire (1921- 1997) (Suatu Telaah Filosofis sebagai Upaya Menghindari Praktik Kekerasan Simbolik dalam Dunia Pendidikan). Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 3(1), 86–100.

Siswadi, G. A. (2023). Merayakan Kemerdekaan dalam Belajar. Badung: Nilacakra.

Susanto, A. B. (2016). Pendidikan Penyadaran Paulo Freire. At-Ta’dib, 4(1), 81–100.

Suwarno, W. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tosaini, R. (2005). Konsep Pedagogi Pengharapan Paulo Freire sebagai Alternatif Pemecahan

Masalah Pendidikan Anak Jalanan di Indonesia (Telaah Filsafat Pendidikan). Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-29

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstrak viewed = 270 times