METODE PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM AJARAN TRI KAYA PARISUDHA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI YOUTUBE DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Penulis

  • Ida Bagus Ngurah Yudhi Dharmawan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa

DOI:

https://doi.org/10.25078/japam.v4i2.820

Kata Kunci:

Aplikasi Youtube, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Hindu, Tri Kaya Parisuda, Era Revolusi Industri 4.0.

Abstrak

Artikel ini disusun untuk mengungkap pemanfaatan dari youtube sebagai media pembelajaran pendidikan agama Hindu berdasarkan ajaran Tri Kaya Parisuda di era revolusi industri. Pendidikan Agama Hindu mengikuti prinsip-prinsip dari pembelajaran Kurikulum 2013. Dimana yang mendorong siswa untuk melaksanakan pembelajaran berbasis pendekatan  saintifik dengan gagasan pendidikan kepribadian. Mengarah pada pendidikan karakter. Dimana dalam hal ini pembelajaran Pendidikan Agama Hindu berlandaskan pada ajaran Tri Kaya Parisuda.

Pendekatan saintifik ditransformasikan menjadi model pembelajaran yang berpusat kepada pembelajaran siswa dan guru sebagai fasilitator dan motivator. Diera revolusi industri 4.0 generasi millennial diharapkan untuk mampu menjawab tantangan di era ini, dengan memanfaatkan media social media yaitu youtube sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Karena saat ini aplikasi youtube banyak diminati  dan cara penggunaannya mudah, cepat dalam mendapatkan informasi, dan informasi dapat digunakan serta di akses oleh masyarakat luas, video dapat digunakan untuk waktu yang lama, dan youtube diharapkan dapat membantu siswa dalam menerima informasi dengan mudah dan akurat.

 

 

Referensi

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rusda Karya.

Ainina, A. I. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education: Universitas Negeri Semarang. Vol.3:1.

Ardiawan dan Padmadewi. 2019. Strategi Pola Asuh Berpendekatan Tri Kaya Parisuda Sebagai Suatu Layanan Bimbingan Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya Volume 3 Nomor 2.

Dewitt, D., Alias, N., Siraj, S., Yaakub, M. Y., Ayob, J., & Ishak, R. (2013). The potential of Youtube for teaching and learning in the performing arts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 1118–1126.

Faiqah, Fatty, Muh. Nadjib, Andi Subhan Amir. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi Kareba, Vol. 5.

Hamzah dan Lamatenggo Nina. (2014). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Kemendikbud. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Primayana, K.H., (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 4(1).

Moghavvemi, S., Sulaiman, A., & Jaafar, N. I. (2018). The International Journal of Social media as a complementary learning tool for teaching and learning : The case of youtube.

Rakhman,dkk. (2014). Penerapan Media Video dan Animasi pada materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education. Vol.3(1).

Rakhmat, Jalaludin. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Putu. (2011). Filsafat Pendidikan Agama Hindu. Denpasar : Paramita.

Simanjuntak, D. (2013). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendiidkan Penabur. Vol.12(21).

Suhardana, K.M. (2007). Tri Kaya Parisuda Bahan Kajian Untuk Berpikir Baik, Berkata Baik dan Berbuat Baik. Surabaya: Paramita.

Wilson, Andrea. (2015). YouTube in the Classroom. A research paper submitted in conformity with the requirements for the degree of Master of Teaching, Department of Curriculum, Teaching and Learning, Ontario Institute for Studies in Education of the University of Toronto.

Pitriani, V. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Berbasis Ajaran Tri Kaya Parisuda Pada Era Revolusi Industri 4.0. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia. Vol. 1(1).

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-01

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstrak viewed = 236 times