PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA MASYARAKAT DESA PULUKAN KECAMATAN PEKUTATAN KABUPATEN JEMBRANA
DOI:
https://doi.org/10.25078/japam.v2i01.565Keywords:
Pendidikan Multikultur, Masyarakat Desa PulukanAbstract
Indonesia memiliki keberagaman suku bangsa, budaya, agama, bahasa dan adat istiadat, sehingga dalam menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat maka diperlukan sikap saling menghargai dan menghormati, oleh karena itu perlu adanya multikultural di dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pendidikan multikultural yang terdapat di Desa Pulukan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, untuk menganalisis nilai-nilai multikultural dalam pendidikan agama Pada Masyarakat Desa Pulukan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, dan untuk mendeskripsikan pola pewarisan nilai-nilai pendidikan multikultural di desa pulukan, kecamatan pekutatan, kabupaten jembrana. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk Pendidikan Multikultur di Desa Pulukan yaitu Multikulturalisme isolasionis, Multikulturalisme akomodatif, Multikulturalisme otonomis, Multikulturalisme kritikal/interaktif, Multikulturalisme cosmopolitan, (2) Nilai-nilai Pendidikan Multikultural Pada Masyarakat Desa Pulukan seperti nilai agama, tattwa, susila, upacara, seni dan budaya, social, nilai tat twam asih, (3) Sistem budaya yang di terima antar generasi dilaksanakan dengan proses sosialisasi, Penyesuaian, internalisasi dalam lingkungan masyarakat.
References
Isnarmi, M. (2014). Pendidikan Multikultural Transformatif, Integritas Moral, Dialogis, dan Adil. UNP Press.
Koentjaraningrat, R. (2012). Masyarakat dan Gotongroyong. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sukartha, I. K. (2002). Agama Hindu. In Purwadita: Jurnal Agama Dan Budayap-. Ganesa.
Suparta, I. M., Sutresna, I. M., & Utama, I. W. B. (2013). Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wasitohadi. (2012). Gagasan dan Desain Pendidikan Multikultural di Indonesia. Vol. 2, No. 1, hlm. 116-1.