PENANAMAN SIKAP MODERASI BERAGAMA DI SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL

Penulis

  • Ni Putu Jeni Astari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
  • I Ketut Tanu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
  • I Gde Suryawan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa

DOI:

https://doi.org/10.25078/japam.v4i2.3989

Kata Kunci:

Penanaman Sikap, Moderasi Beragama.

Abstrak

Moderasi beragama digambarkan sebagai upaya untuk mengikuti dan mempertahankan prinsip-prinsip agama, mengubahnya menjadi cara hidup dan karakter, sehingga moderasi beragama dapat menumbuhkan sikap toleransi dan dapat menjaga kerukunan antar umat beragama. Moderasi beragama berpotensi untuk tumbuh dan berkembang di dalam lingkungan sekolah, dimana pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kemampuan guru dalam menyampaikan pembelajaran dan informasi kepada siswanya. Guru mempunyai peranan penting dalam mengarahkan dan membangun moderasi beragama di sekolah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Sikap Moderasi Beragama yang mana saja dapat ditanamkan pada Siswa di SMPN 3 Abiansemal, 2) Apa saja hambatan yang dihadapi dalam proses penanaman sikap Moderasi Beragama pada Siswa di SMPN 3 Abiansemal, 3) Bagaimanakah dampak dari penanaman Sikap Moderasi Beragama pada Siswa di SMPN 3 Abiansemal. Teori yang dipergunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori kontruktivisme, teori humanistik dan teori behavioristik. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokimentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analis data deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) sikap moderasi beragama sudah diberikan pada siswa mulai sejak Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Adapun sikap-sikap moderasi beragama yang ditanamkan pada siswa SMPN 3 Abiansemal yaitu mengacu pada empat indikator moderasi beragama, Selain itu guru juga menanamkan sikap-sikap moderasi beragama melalui penerapan ajaran Tri Hita Karanadalam kehidupan. 2)Terdapat beberapa faktor penghambat yaitu, pertama ada faktor lingkungan faktor pengaruh penggunaan media sosial, dan yang terakhir ada faktor kurangnya minat membaca siswa. 3) Terdapat dampak positif dan negatif dari upaya penanaman sikap moderasi beragama pada siswa di SMPN 3 Abiansemal.

Referensi

Abdillah, L. A DKK. (2021). Metode Penelitian Dan Analisis Data Comprehensive. In Insania. Cirebon: Insania.

Babun Suharto, Dkk. (2019). Moderasi Beragama Dari Indonesia Untuk Dunia. In Arifin. Ahmala (Ed.), Lkis (Vol. 4). Yogyakarta.

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif . Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Farid, M. (2018). Fenomenologi: Dalam Penelitian Ilmu Sosial. In Prenada Media (Vol. 11). Jakarta.

Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif. In Media Nusa Creative. Yogyakarta Pustaka Baru. Retrieved From Https://Opac.Perpusnas.Go.Id/Detailopac.Aspx?Id=1072785

Kemenag. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Balitbang Kemenag Ri. In Jakarta;Balitbang Kemenag RI.

Mardawani, M. Pd. (2019). Praktis Penelitian Kualitatif (Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif). In Jurnal Eksekutif (Vol. 3).

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Pt. Remaja Rosda Karya (Vol. 103).

Saifuddin, L. H. (2019). Moderasi Beragama Kemenag Ri. In Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama Ri Gedung Kementerian Agama Ri Jl.Mh. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat.

Sugiyono. (2006). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Alfabeta : Bandung.

Syahrani Lubis. Nurul. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Moderasi Beragama Di Desa Manggis Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Pendidikan Islam Vol 9. No2. hlm 276–278.1).

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-01

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstrak viewed = 243 times