RENDAHNYA ETIKA PESERTA DIDIK DI ERA MODERNISASI DALAM PANDANGAN AGAMA HINDU
DOI:
https://doi.org/10.25078/japam.v4i2.3755Kata Kunci:
ethics, Hindu religion, modernization era, studentAbstrak
Etika merupakan studi kasus yang akhir-akhir ini perlu dibahas dan ditindak lanjuti oleh kita dan semua yang berkategori berpendidikan. Pendidikan yang mengajarkan anak-anak untuk menumbuh kembangkan etika dari usia dini hingga menginjak dewasa. Akan tetapi era globalisasi etika mengalami penurunan dalam beberapa kasus, yang semestinya adalah pendidikan semakin canggih etika dari anak-anak mengalami peningkatan. Penurunan etika dalam konteks globalisasi memang tergerus seolah olah efek dari modernisasi perangkat-perangkat yang serba canggih melalui ponsel pintar, serta efek kurang pengawasannya dari para orang tua. Hampir sebagian kota-kota besar mengalami hal tersebut sehingga moral dan etik dari anak-anak yang tergolong masih aktif bersekolah perlu diadakannya evaluasi dari pemerintah, sekolah, dan orang tua yang bersangkutan. Tulisan ini bertujuan memberikan gambaran umum dari pengaruh negatif globalisasi yang semakin rigid menerpa anak-anak peserta didik. Dalam Hindu etika terhadap semua insan kehidupan yang meliputi manusia itu sendiri termuat dalam ajaran Tri Hita Karana itu sendiri. Konsep pengajaran dari Tri Hita Karana memuat tentang ajaran etik dalam segala hal baik dengan sang pencipta, sesama manusia serta lingkungan disekitar. Sama halnya dengan konsep “Tat Twam Asi” atau secara umum disebut kamu adalah aku, menjawantahkan bahwa etika yang diterapkan tidak hanya pada diri sendiri melainkan pada orang lain yang berada disekitar kita dengan tujuan hidup harmonis, saling asah asih asuh, demi mencapai tujuan hidup yaitu Moksartam Jagathita Ya Ci Iti Dharma. Melalui pendidikan yang didasarkan atas konsep-konsep Hindu diatas maka tulisan ini memberikan serpihan kecil untuk dijadikan pedoman dalam menerapkan pendidikan yang bermoral dan beretika yang baik dan benar.
Referensi
Budiadnya, I. Putu. (2016). "Peran Guru Rupaka Dalam Menanamkan Ajaran Agama Hindu." Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu 21.2
Budiadnya, Putu. (2019). "Peran Guru Rupaka Dalam Menanamkan Ajaran Agama Hindu Dalam Keluarga Di Kota Surakarta." Kamaya: Jurnal Ilmu Agama 2.2: 123-142.
Darmayasa, 2015, Bhagavad gita (Nyanyian Tuhan). Yayasan Dharma Sthapanam, Jl, Tukad Banyuning, Gg, AA No. 12, Panjer.
Kasingku, Juwinner, and Alan Hubert Frederick Sanger. (2023). "Dunia digital vs dunia rohani: dilema dalam pertumbuhan anak." Journal of Education Research 4.3: 1325-1330.
Maria, Nugroho Sumarjiyanto Benedictus, and Tri Widayati. (2020). "Dampak perkembangan ekonomi digital terhadap perilaku pengguna media sosial dalam melakukan transaksi ekonomi." JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen) 6.2: 234-239.
Masruroh, Siti. 2018. Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Dan Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 02 Kuripan. Diss. Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Meilinda, Nuly, Febrimarani Malinda, and Sari Mutiara Aisyah. (2020). "Literasi digital pada remaja digital (Sosialisasi pemanfaatan media sosial bagi pelajar Sekolah Menengah Atas)." Jurnal Abdimas Mandiri 4.1
Pudja, G. dan Sudharta Tjokorda Rai. 1995. Manava Dharmasastra (Manu Dharma Sastra). Badung: Pemerintah Daerah Tingkat II Badung.
Putri, Dini Palupi. (2018). "Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital." AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2.1: 37-50.
Somawati, Ayu Veronikai, and Y. A. D. N. Made. "Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Hindu Di Era Digital." Jurnal Pasupati Vol 6.1 (2019): 88-99.
Sudharta, Tjok Rai, 2019 Sarasamuccaya. Denpasar Timur.PT. Mabhakti.
Supriyono, Lilik. 2020. "Peran Orang Tua dalam Menyikapi Gadget dan Implikasinya terhadap Penyimpangan Perilaku Seksual Anak." Profetika: Jurnal Studi Islam 21.2: 159-166.
Titib, I Made, 1996, Veda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan.Surabaya Paramita
Trianto. 2010. Pengantar penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
Wahyudi, Tian. (2019). "Paradigma pendidikan anak dalam keluarga di era digital (Perspektif Pendidikan Islam)." Ri'ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan 4.01: 31-43.
Zulfiati, Heri Maria. (2014). "Peran dan fungsi guru sekolah dasar dalam memajukan dunia pendidikan." Trihayu 1.1: 259005.
https://regional.kompas.com/read/2022/09/23/160541878/kasus-siswa-pukul-guru-di-kupang-polisi-periksa-cctv-ruang-kelas?page=all di akses Rabu 13 Maret 2024, pukul 12:49



