PARADIGMA PENDIDIKAN KRITIS PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN HUMANIS DI INDONESIA

Penulis

  • Gede Agus Siswadi Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.25078/japam.v4i2.2871

Kata Kunci:

Pendidikan Kritis, Humanisme, Paulo Freire

Abstrak

Pendidikan menjadi sektor utama dalam pembangunan sumber daya manusia. Sehingga pendidikan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan manusia juga dapat menemukan jati diri, mengasah potensi, serta meningkatkan kualitas hidupnya. Hal ini tidak terlepas dengan keinginan manusia yang bebas dan merdeka dalam menentukan pendidikan seperti apa yang dibutuhkannya. Namun, hal ini nampaknya menjadi paradoks dengan melihat fenomena pendidikan yang justru menghambat potensi yang dimiliki oleh anak didik dengan berbagai praktik dehumanisasi. Oleh karenanya, penelitian ini menelusuri jejak pemikiran Paulo Freire dengan gagasan pendidikan kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan hermeneutik filosofis. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Paulo Freire merupakan tokoh pendidikan kritis, yang berhasil membongkar model pendidikan konvensional yang cenderung dehumanisasi. Pendidikan konvensional justru memandang anak didik seperti objek yang pasif, masing kosong dan harus diatur. Freire menyebut dengan istilah banking of education system. Catatan dari pemikiran Freire ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan sistem pendidikan humanis di Indonesia yakni dengan mengedepankan anak didik sebagai pusat dalam pembelajaran serta mengakui anak didik memiliki karakter serta potensi yang beragam. Seorang guru dalam pendidikan humanis berperan sebagai fasilitator dengan menuntun anak didik untuk dapat menjadi dirinya sendiri.

 

Referensi

Ajat, A. S., & Hambali, R. Y. A. (2021). Analisis Filsafat Paulo Freire Terhadap Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Perspektif, 5(1), 14–32. http://www.perspektif.uinsgd.ac.id/index.php/JP/article/view/107

Fitriansyah, M. N. (2019). Konsep Pendidikan Humanis Paulo Freire dan Relevansinya dengan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Freire, P. (1972). Pedagogy of The Oppressed. Trans. Myra Bergman Ramos. Australia: Penguin Books.

Freire, P. (1984). Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan. Diterjemahkan oleh Alois A. Nugroho. Jakarta: PT Gramedia.

Freire, P. (2001). Pendidikan yang Membebaskan. Diterjemahkan oleh Martin Eran. Jakarta Timur: Melibas (Media Lintas Batas).

Freire, P. (2007). Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.

Hanif, M. (2014). Desain Pembelajaran untuk Transformasi Sosial (Studi Perbandingan Pemikiran Paulo Freire dan Ivan Illich tentang Pendidikan Pembebasan). Jurnal Komunika, 8(1), 113–128.

Harisuddin, A. (1981). Teori-Teori Pendidikan Pembebasan Paulo Freire. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Humaeroh, S., Abdulatif, S., Winarti, & Windayana, H. (2021). Pedagogik Kritis dalam Membangun Pendidikan Humanis. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 174–182.

Husni, M. (2020). Memahami Pemikiran Karta Paulo Freire “Pendidikan Kaum Tertindas” Kebebasan dalam Berpikir. Al-Ibrah, 5(2), 41–60. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/103

Murtiningsih, S. (2004). Pendidikan Alat Perlawanan: Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. Yogyakarta: Resist Book.

Siswadi, G. A. (2022a). Pemikiran Filosofis Paulo Freire Terhadap Persoalan Pendidikan dan Relevansinya dengan Sistem Merdeka Belajar di Indonesia. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 9(2), 142–153.

Siswadi, G. A. (2022b). Relasi Pendidik dengan Peserta Didik dalam Pandangan Paulo Freire (1921-1997) (Suatu Telaah Filosofis sebagai Upaya Menghindari Praktik Kekerasan Simbolik dalam Dunia Pendidikan). Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 3(1), 86–100.

Siswadi, G. A. (2023). Merayakan Kemerdekaan dalam Belajar. Badung: Nilacakra.

Susanto, A. B. (2016). Pendidikan Penyadaran Paulo Freire. At-Ta’dib, 4(1), 81–100.

Suwarno, W. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tosaini, R. (2005). Konsep Pedagogi Pengharapan Paulo Freire sebagai Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan Anak Jalanan di Indonesia (Telaah Filsafat Pendidikan). Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-01

Terbitan

Bagian

Artikel
Abstrak viewed = 814 times