TANTANGAN DAN PELUANG DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS BAGI MASYARAKAT DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI SCHOOL BRANDING : STUDI KASUS SEKOLAH SWASTA DI BALI
DOI:
https://doi.org/10.25078/japam.v4i2.2485Kata Kunci:
Peluang, Pendidikan Berkualitas, School Branding, TantanganAbstrak
Dalam konteks pendidikan di era revolusi industri 4.0, VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) menjadi tantangan yang sangat serius dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan di era revolusi industri 4.0 cenderung mengalami perubahan dengan sangat cepat baik dalam konteks penggunaan teknologi, cara belajar dan adanya trend sosial. Dalam hal ini pendidik harus mampu memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap berbagai perubahan yang terjadi di dunia pendidikan. Munculnya kecerdasan buatan seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Big Data, Chatgpt dan lain sebagainya berdampak pada metode pembelajaran, kurikulum, dan kebutuhan keterampilan baru yang harus dimiliki oleh pendidik maupun peserta didik. Berfokus pada permasalahan yang dihadapi oleh beberapa sekolah di Bali saat ini khususnya sekolah swasta adalah adanya penurunan jumlah peserta didik yang sangat signifikan. Persaingan dengan sekolah negeri dapat menjadi tantangan bagi sekolah swasta. Sekolah negeri umumnya memiliki biaya yang lebih rendah atau bahkan gratis yang dapat menarik minat orang tua untuk mendaftarkan anak-anak mereka di sekolah negeri. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan jumlah siswa dan pendapatan bagi sekolah swasta. Perbaikan sistem pengelolaan sekolah swasta di Bali perlu dilakukan agar sekolah swasta dapat tetap eksis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut school branding dapat menjadi solusi dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. School branding dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai salah satu solusi, agar sekolah swasta dapat tetap eksis dan bersaing kembali di dunia pendidikan.
Referensi
Angga, A., & Muhtar, T. (2022). Relevansi Pedagogik Kritis dalam Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3112
Faruq, U. Al. (2020). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Muhammadiyah Di Era 4.0. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, XVIII(1), 13–30.
Madaan, G., & Singh, A. (2022). Education in the Fourth Industrial Revolution: Challenges and Opportunities. Edutech Enabled Teaching, 11(3), 11–26. https://journals.co.za/doi/pdf/10.10520/EJC-19605d342e
Madhusoodanan, J. (2021). Five trendy technologies: where are they now? In Nature (Vol. 594, Issue 7864). https://doi.org/10.1038/d41586-021-01684-7
Ni`mah, I., & Nanik, S. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. International Journal Of Disabilities And Social Inclusion (IJODASI), 01(02).
Salisbury, D. F. (1996). Five Technologies for Education Change. Englewood Cliffs, N.J.
Sandoval, L. R. (2022). Technologies And Everyday Life: A Review Of Domestication Framework. Contratexto, 37. https://doi.org/10.26439/contratexto2022.n037.5351
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13



