ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.25078/japam.v4i2.2418Kata Kunci:
Kata kunci: Media, Pembelajaran, PendidikanAbstrak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Mataram. Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti merupakan mata pelajaran wajib dalam dunia pendidikan di Indonesia. Melalui mata pelajaran ini, siswa dibentuk dan diarahkan untuk mengamalkan ajaran-ajaran Agama Hindu. Namun kerap kali siswa merasa bosan, mengantuk, dan sulit memahami materi sehingga aktivitas pembelajaran tidak dapat berlangsung dengan baik dan tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Adanya media pembelajaran diharapkan dapat menjadi mediator dan alat bantu bagi siswa dan guru dalam proses pembelajaran sehingga aktivitas pembelajaran bisa diefektifkan dan diefisienkan serta tujuan pembelajaran dapat dicapai. Akan tetapi dalam bebeberapa penelitian sebelumnya, fungsi dan manfaat media dalam pembelajaran tidak dapat dipenuhi sehingga peneliti melakukan analisis pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi langsung non partisipan, wawancara langsung terstruktur, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa adanya media pembelajaran dapat menunjang keberhasilan pembelajaran. Media menjadikan proses pembelajaran lebih menarik, lebih efektif dan efisien, dan lebih interaktif sehingga membuat siswa semangat dan antusias dalam mengikuti aktivitas pembelajaran serta memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Meskipun adanya media belum mampu membuat siswa selalu semangat, antusias, fokus kedepan dan aktif bertanya.
Referensi
Amalia, T. (2019). Penggunaan Media Google Form dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 318–323. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/501
Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Proses belajar Mengajar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 2–4.
Arsana, I. K. S., Katili, A. Y., & . S. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar di SMP Negeri 2 Gorontalo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3), 153–162. https://doi.org/10.24269/dpp.v8i3.2051
Astuti, P. P., Rosmaini, Marbun, J., & Lestari, M. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Pada Materi Unsur Pembangun Puisi Kelas X TITl SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (Pp. 297-306). FBS Unimed Press., 297–306. http://digilib.unimed.ac.id/41254/1/Fulltext.pdf
Atqia, W., & Latif, B. (2021). Efektivitas Media Whatsapp Group dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Kabupaten Batang Pada Masa Pandemi Covid-19. Edification, Edificatio. https://media.neliti.com/media/publications/374449-none-d359a63d.pdf
Bambang, P. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Diskusi Dengan LCD (Liquid Crystal Display) Sebagai Media Pembelajarannya Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTs Muhammadiyah Sukarame. Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan
Lampung.
Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1, 2018, 1(2005), 508–512.
Gunawan, I. G. D., & Saputra, P. . (2021). Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Purwadita : Jurnal Agama Dan Budaya, 5(1), 43–50. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/1427
Hamid, M. A. dkk. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran/npLzDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=media+pembelajaran+hamid&printsec=frontcover
Hasan, M. dkk. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).
Hutahaean, L. A., Siswandari, & Harini. (2019). Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 1(2018), 298–305. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38744
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Media_Pembelajaran/cCTyDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=media+pembelajaran&printsec=frontcover
Merliana, N. P. E. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Android Sebagai Media dalam Pembelajaran Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(1), 37–53. https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i1.54
Nurfadillah, S. (2021). Media Pembelajaran. CV Jejak. https://www.google.co.id/books/edition MEDIA_PEMBELAJARAN_Pengertian_Media_Pemb/zPQ4EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=media+pembelajaran&printsec=frontcover
Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di Sma N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398
Rumangkang, R. (2022). Efektivitas Penggunaan Media LCD Projector dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Smp Negeri 2 Bitung Kecamatan Madidir Kota Bitung. … : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3, 25–31. http://jurnal.stakam.ac.id/index.php/apolonius/article/view/88%0Ahttp://jurnal.stakam.ac.id/index.php/apolonius/article/download/88/61
Sudarsana, I. K. dkk. (2018). Pengantar Pendidikan Agama Hindu.
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. CV Pustaka Abadi. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran/VJtlDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=fungsi+media+pembelajaran&printsec=frontcover
Susanto, H., Irmanita, W., Syurbakti, M. M., & ... (2022). Analisis Penggunaan Media Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Daring Masa Pandemi Covid-19. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 8(1), 13–24. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/view/14383
Umarella, S., Saimima, M. S., & Husein, S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605
Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Sma Negeri 4 Bandung. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education,3(1), 22. https://doi.org/10.17509/t.v3i1.3457
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran (Kedua). Prenada Media Grup. https://www.google.co.id/books/edition/Media_dan_Teknologi_Pembelajaran_Edisi_K/g0VIEAAAQBAJhl=id&gbpv=1&dq=media+pembelajaran+muhammad+yaumi&printsec=frontcover



