PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KELUHAN PELANGGAN TERHADAP REPUTASI BIZNET DI BALI

Penulis

  • Krishna Wasudewa Subiakta Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Dewa Ayu Hendrawathy Putri Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Wayan Wirta Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Kata Kunci:

Marketing Communication; Customer Complaints; Brand Reputation; Biznet; Bali

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki pengaruh komunikasi pemasaran dan keluhan pelanggan terhadap reputasi Biznet di Bali, dengan menggabungkan konvergensi media, teori komunikasi jaringan, dan teori pemrosesan informasi. Data dikumpulkan dari pelanggan Biznet di Bali melalui kuesioner yang divalidasi dan dianalisis menggunakan metode kuantitatif, serta teknik analisis regresi linier berganda. Temuan menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi Biznet di Bali, menyoroti pentingnya Biznet untuk fokus pada strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk memperkuat reputasi pasar mereka. Sebaliknya, keluhan pelanggan memiliki dampak signifikan terhadap reputasi Biznet, menunjukkan perlunya Biznet untuk menangani keluhan pelanggan secara efisien untuk mencegah kerusakan reputasi. Selain itu, pengaruh gabungan dari komunikasi pemasaran dan keluhan pelanggan terhadap reputasi Biznet juga signifikan, menekankan pentingnya mengintegrasikan strategi komunikasi pemasaran yang efektif dengan penanganan keluhan pelanggan yang responsif untuk membangun reputasi yang kuat dan positif. Terjemahan ini mencakup semua poin utama dari ringkasan studi yang diberikan.

Referensi

Abdullah, M. (2015). Metodoogi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia: Aswaja Pressindo.

Alfarizi. (2022, November 30). Internet Down Seharian, Biznet: Mohon Maaf, Ada Kendaa Infrastruktur Jaringan. Diakses pada Desember 2023, Diambi dari Tempo.co: https://bisnis.tempo.co/read/1662687/internet-down-seharian-biznet-mohon-maaf-ada-kendaa-infrastruktur-jaringan

Biznet. (2022, Juni 26). Indonesia Internationa Marathon. Diakses pada Desember 2023, Diambi dari Biznet: https://www.biznetnetworks.com/company/events/indonesia-internationa-marathon

Biznet. (2022, 12 31). Tentang Peneliti. Diakses pada November 2023, Diambi dari Biznet: https://www.biznetnetworks.com/company/about-us

Ghozali, I. (2018). Apikasi Analisis Mutivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanich, M. (2023, April 20). Biznet Home - Meniik Pengalaman Memakai Biznet Home dari Netizen. Diakses pada November 2023, Diambi dari 101Internet-Piih Paket TerBaik: https://101internet.id/bogs/news/biznet-home-meniik-pengalaman-memakai-biznet-home-dari-netizen

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kuaitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Imu Group.

Hofacker. (2001). Internet Marketing. 3rd edition. Wiey, New York.

Hidayat, A. (2024, Januari 15). Regresi inear Berganda: Penjeasan, Contoh, Tutoria. Diakses pada Januari 2024, Diambi dari Statistikian: https://www.statistikian.com/2018/01/penjeasan-tutoria-regresi-inear-berganda.htm

Iskandar. (2023, November 29). Biznet Down Seharian, Pengguna uapkan Kemarahan di Twitter. Diakses pada Desember 2023, Diambi dari iputan6.com: https://www.iputan6.com/tekno/read/5139570/biznet-down-seharian-pengguna-uapkan-kemarahan-di-twitter

Jenkins, H. (2006, Juni 19). Wecome to Convergence Cuture. Diakses pada Januari 2024, Diambi dari Henry Jenkins: http://henryjenkins.org/bog/2006/06/wecome_to_convergence_cuture.htm

Juijanti, D. M. (2012). Dinamika Digitalisasi dan Konvergensi Media Teevisi di Indonesia. Digitalisasi dan Konvergensi Media, 10(2), 93-120.

Littejohn, S., Foss, K., & Oetze, J. (2016). Theories of Human Communication. ake County, Iionis, Amerika Serikat: Waveand Press, Inc.

Priyatno, D. (2013). Beajar Aat Analisis Data Dan Cara Pengoahnnya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami untuk Tinkat Pemua dan Menengah. Gava Media.

Priyatno, D. (2016). Beajar Aat Analisis Data Dan Cara Pengoahnnya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami untuk Tinkat Pemua dan Menengah. Gava Media.

Ramadhani, B., & Sigit, M. (2023). Analisis Kuaitas Pelayanan, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan terhadap oyaitas Pelanggan: Studi Kasus Pelanggan Indomaret di Kabupaten Seman. Seekta Manajemen: Jurna Mahasilswa Bisnis & Manajemen, 2(4), 226-237.

P. Satria (2023). Tri Hita Karana, Three Causes of Balinese We-Being. Diakses pada 18 April 2024, Diambi dari Website Socia Expat: https://www.sociaexpat.net/tri-hita-karana-three-causes-of-Balinese-we-being/

Smith, P. R., & Zook, Z. (2011). Marketing Communication: Offine and Onine Integration, Engagement, and Anaytics. ondon: Kogan Page.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kuaitatif dan R&D. Afabeta.

Sugiyono. (2017). Metodoogi Penelitian Kesehatan. Rineka Cip

Suryantini, I., & Sujana, I. (2023, Juni 30). Pengaruh Kuaitasi Pelayanan dan Pengalaman Pelanggan Terhadap oyaitas Pelanggan Shopee di Kota Singaraja. Ekuitas: Jurna pendidikan Ekonomi, 11(1), 116-122.

Teussa Sandra I (2023). Kuaitas Komunikasi terhadap Pelayanan Konsumen Produk Indihome PT. Tekom Ambon. Hipotesa: Jurna Mahasilswa Bisnis & Manajemen, 2(4), 226-237.

The Food and and Use Coaition (2018). Three way to hapiness. Diakses pada 18 April 2024, Diambi dari Website The Food and and Uses Coaition: https://www.foodandandusecoaition.org/three-ways-to-happiness/

Umar, H. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: RajaGrafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30
Abstrak viewed = 14 times