Strategi Komunikasi di Media Sosial Facebook dalam Pemasaran Tikus Putih Pada Saat Wabah Covid-19 Sebagai Pakan Reptil dan Burung Predator

Penulis

  • I Gede Tangkas Prema Bhawana Tangkas Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Gede Sutarya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Gusti Made Widya Sena Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/anubhava.v3i1.2806

Abstrak

Era milenial sekarang sudah merambah dengan teknologi yang meramaikan semua lini kehidupan manusia. Teknologi aplikasi yang menghiasi semua media mulai dari dunia hiburan, bisnis, pendidikan, dan hingga sampai ajang curhatan semua masyarakat bisa digenggam dalam sebuah gadget, apalagi kurun waktu dekade ini dunia terserang oleh virus mematikan yang disebut Virus Covid-19 yang berdampak pada kehidupan manusia. Hiburan yang menjadi pilihan masyarakat dalam ranah untuk mendekatkan diri yaitu hanya media sosial. Genggaman gadget yang meramaikan dunia sosial masyarakat hingga dijadikan ajang bisnis. Dampak wabah Covid-19 sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu yang cukup singkat, pelaku usaha “dipaksa” untuk memutar otak dalam menentukan strategi pemasaran sejak diberlakukannya social distancing. Oleh karena itu, di masa pandemi ini pelaku usaha “dituntut” untuk mengoptimalkan pemasaran online dan digital marketing sebagai sarana komunikasi dengan target konsumen.

Referensi

Suprayoga dan Tabroni. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suratno Suratno, Irwansyah Irwansyah, Niken Febrina Ernungtyas, Guntur Freddy Prisanto, Safira Hasna, “Pemanfaatan Media Sosial Facebook sebagai Strategi Komunikasi Politik”. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 6 No. 1 April 2020.

Uchjana Effendi, Onong. 1992. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Usman, Husein dan setiady Purnomo. 2004. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Viliaus.Caroline (2017) Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Minat Beli Konsumen Pond’s Yang Dimediasi Oleh Brand Equity(Studi Kasus: Konsumen Produk Pond’s di Central Park Mall, Jakarta).

Wahyuni, Rita Arifin 2015. Peran Facebook Sebagai Media Promosi Dalam Mengembangkan Industri Kreatif. Bina Insani Ict Journal, Vol.2 (2). 118.

Wardhana, A. 2015. Strategi Digital marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia’, In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV, pp. 327–337.

Website:

Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022 (suara.com)(dikutip 11 September 2022)

Afifah, L., Najamuddin, M., & Humaeira, B. (2019). Efektivitas Media Promosi Pada Produk Sandwich Goreng Merek Royal Sandwich. Agribusiness Journal, 13(1), 1–17. https://doi.org/10.15408/aj.v13i1.11868 (dikutip 15 September 2022)

Taylor, D. G., Lewin, J. E., & Strutton, D. (2011). Friends, fans, and followers: Do ads work on social networks? How gender and age shape receptivity. Journal of Advertising Research, 51(1), 258–275. https://doi.org/10.2501/JAR-51-1-258-275 (dikutip 20 September 2022)

Lasmadiarta,M., (2011). Extreme Facebook Marketing for Giant Profits. Elex Media Komputindo: Jakarta. (dikutip 21 September 2022)

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30
Abstrak viewed = 124 times