Itu Konsentrasi Pendidikan dalam Ikon Literasi di SMP Negeri 1 Denpasar
Konsentrasi Pendidikan dalam Ikon Literasi di SMP Negeri 1 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.25078/up.v6i1.4644Kata Kunci:
Ikon literasi, konsentrasi pendidikan, pendidikan agama hinduAbstrak
Lembaga pendidikan atau sekolah berperan penting dalam mengembangkan budaya literasi, melalui pembiasaan membaca dan menulis. Penelitian ini mengkaji penerapan konsentrasi pendidikan agama Hindu dalam ikon literasi di SMP Negeri 1 Denpasar. Ikon literasi digunakan sebagai media pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan ajaran agama Hindu dengan pendekatan visual dan naratif. Adapun masalah yang akan dibahas antara lain : (1) Apa alasan dibangunnya ikon literasi di SMP negeri 1 Denpasar ?. (2) Bagaimana proses pelaksanaan ikon literasi di SMP Negeri 1 Denpasar ?. dan (3) Apa implikasi dari ikon literasi di SMP Negeri 1 Denpasar ?.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah dalam penelitian ini adalah teori motivasi dari Abraham Maslow, teori belajar sosial dari Albert Bandura, dan teori behavioristik dari B.F Skinner. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Hindu dan budi pekerti SMP Negeri 1 Denpasar, Siswa SMP Negeri 1 Denpasar, dan orang tua siswa SMP Negeri 1 Denpasar. Penelitian menggunakan metode pengumpulan data yaitu (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Studi kepustakaan, dan (4) Dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini, (1) dibangunnya ikon literasi di SMP Negeri 1 Denpasar dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan minat baca siswa, prestasi siswa, menciptakan generasi unggul dengan memperkuat nilai-nilai spiritual agama Hindu dalam kehidupan sehari-hari. (2) Proses ikon literasi di SMP Negeri 1 Denpasar dilaksanakan melalui membaca dan merangkum secara mandiri, persembahyangan bersama, dan presentasi hasil bacaan, dan (3) Implikasi penerapan ikon literasi berdasarkan persepsi dari guru SMP Negeri 1 Denpasar, ikon literasi menjadi jembatan untuk menanamkan nilai moral kepada siswa serta memperkuat identitas budaya siswa. Berdasarkan persepsi dari orang tua siswa SMP Negeri 1 Denpasar, ikon literasi menjadi media untuk mendidik anak dan mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Berdasarkan persepsi dari siswa SMP Negeri 1 Denpasar, ikon literasi sebagai sumber inspirasi untuk belajar dengan cara yang menyenangkan.
