Upaya Guru Dalam Mengembangkan Sikap Moderasi Beragama Kepada Siswa Kelas VII Di SMP negeri 2 Gianyar

UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA KEPADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GIANYAR

Penulis

  • Dewa Gede Raditya Darma Tamaja Penulis
  • I Made Nasib Mardika Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v6i1.4639

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang Upaya Guru dalam Mengembangkan Sikap moderasi beragama kepada siswa kelas VII Di SMP Negeri 2 Gianyar.  Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya guru dalam mengembangkan sikap moderasi beragama di SMP Negeri 2 Gianyar serta memahami sejauh mana siswa memahami konsep tersebut. Pendidikan karakter sejak dini sangat penting di tengah masyarakat multikultural Indonesia untuk membentuk sikap toleransi dan menghargai perbedaan. Penelitian ini menyoroti peran sekolah dalam mendidik sikap moderasi beragama, terutama melalui inovasi pembelajaran oleh guru. Fokus penelitian mencakup pemahaman siswa kelas VII terhadap moderasi beragama, strategi yang digunakan guru, serta faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sikap moderasi beragama. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Gianyar, sebagai daerah dengan keragaman agama, menjadi latar yang relevan untuk penelitian ini. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan baru dan memperkaya strategi pembelajaran toleransi di sekolah, serta berkontribusi pada kerukunan antar umat beragama di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Teori Belajar Sosial, yang dimana teori ini menyatakan bahwa perilaku seseorang dapat dipengaruhi oleh lingkungan dan perilaku seseorang dapat memberikan pengaruh kepada lingkungan. Dalam penelitian ini mendapatkan bahwa pemahaman siswa terkait sikap moderasi beragama dapat dikatakan belum begitu baik, akan tetapi secara penerapan siswa telah dapat menerapkan sikap-sikap yang menunjukan sikap moderasi beragama. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan pemahaman terhadap sikap moderasi beragama ialah dengan memberikan contoh teladan oleh guru, meningkatkan pemahaman siswa terhadap sikap moderasi beragama, dan menambah wawasan dengan membaca buku-buku referensi. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengembangan sikap moderasi beragama pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Gianyar yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Darma Tamaja, D. G. R., & Mardika, I. M. N. (2025). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Sikap Moderasi Beragama Kepada Siswa Kelas VII Di SMP negeri 2 Gianyar: UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA KEPADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GIANYAR. UPADHYAYA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 6(1), 67–80. https://doi.org/10.25078/up.v6i1.4639
Abstrak viewed = 87 times