Dan Peranan Guru Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Siswa Di SMP Negeri 1 Denpasar
Peranan Guru, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Nilai-Nilai Moderasi Beragama
DOI:
https://doi.org/10.25078/up.v6i1.4615Kata Kunci:
Peranan Guru, Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti, Nilai-Nilai Moderasi BeragamaAbstrak
Abstrak
Penelitian ini mengkaji peran guru pendidikan agama Hindu dan budi pekerti dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama di kalangan siswa SMP Negeri 1 Denpasar. Moderasi beragama merupakan elemen krusial dalam membentuk lingkungan pendidikan yang harmonis, toleran, dan bebas dari konflik. Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama: 1) Sikap moderasi beragama siswa di SMP Negeri 1 Denpasar, 2) Peran guru pendidikan agama Hindu dan budi pekerti dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama, serta 3) Dampak penanaman nilai-nilai moderasi beragama terhadap siswa.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap moderasi beragama siswa tercermin dalam berbagai kegiatan seperti bakti sosial, musyawarah dalam pemilihan OSIS, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, serta keterlibatan dalam upacara dan pementasan budaya lokal. Guru memainkan peran sentral dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui pengajaran konsep-konsep fundamental dalam ajaran Hindu seperti Tat Twam Asi, Tri Hita Karana, dan Catur Paramitha. Penanaman nilai-nilai ini berdampak positif terhadap siswa, yang ditandai dengan meningkatnya solidaritas, toleransi, rasa tanggung jawab, penghargaan terhadap keberagaman, serta terciptanya suasana sekolah yang lebih aman, tertib, dan kondusif untuk pembelajaran.
Kata Kunci : Peranan Guru, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Nilai-Nilai Moderasi Beragama
