A, The Penerapan Pendekatan Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PSSS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas VIII.7 Di SMP Negeri 7 Denpasar
Penerapan Pendekatan Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PSSS) dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.25078/up.v6i1.4463Kata Kunci:
Student Learning Outcomes, Systematic Problem Solving Approach (PSSS), Learning CompletenessAbstrak
PENERAPAN PENDEKATAN PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS (PSSS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS VIII.7 DI SMP NEGERI 7 DENPASAR
PUTU MEIRA YANTI
Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri
I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E mail: meirayanti12@gmail.com
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan hasil belajar siswa dan aktifitas belajar siswa. Dalam pembelajaran ini siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Hal yang menyebabkan masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dan mendapatkan nilai kurang dari KKTP diantaranya yaitu dalam penyampaian materi pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Aktivitas belajar siswa kelas VIII.7 semester II tahun ajaran 2023/2024 pada pendidikan Agama Hindu yang proses pembelajarannya menggunakan pendekatan penyelesaian soal secara sistematis (PSSS) yang dibantu dengan LKS (2 Menerapkan Pendekatan Penyelesaian Soal Secara Sistematis akan meningkatkan hasi belajar siswa kelas VIII.7 semester II tahun ajaran 2023/2024
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui apakah penerapan Penyelesaian Soal Secara Sistematis dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu kelas VIII.7 di SMP Negeri 7 Denpasar pada Tahun Ajaran 2023/2024. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan Penyelesaian Soal Secara Sistematis dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 7 Denpasar pada Tahun Ajaran 2023/2024.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Diketahui ketuntasan belajar siswa pada pelaksanaan pretest siklus I diperoleh jumlah nilai 2375 dengan rata rata 59, nilai tertinggi 70 dan terendah 40. (2) Sementara itu hasil belajar pada siklus II dengan jumlah 2.900 (nilai pre test) dan 3330 (nilai post test). (3) Dapat disimpulkan dari kedua siklus yang sudah dilaksanakan, siklus ke II memiliki nilai hasil belajar yang tinggi dibandingkan siklus pertama, sehingga ketuntasan belajar tercapai.
Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PSSS), Ketuntasan Belajar
