PROFESIONAL GURU PROFESIONAL GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN

Penulis

  • idanyoman devitriana devitriana
  • I Gede Tresna Jaya Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ida Bagus Kade Yoga Pramana Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v6i1.4246

Kata Kunci:

PROFESIONAL GURU, TANTANGAN, TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Abstrak

Jurnal ini membahas peran dan tantangan yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Pendidikan diakui sebagai kunci untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, di mana kompetensi guru menjadi faktor krusial dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan perkembangan teknologi informasi, guru dituntut untuk memiliki keterampilan pedagogik digital guna memanfaatkan teknologi dalam proses pengajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengeksplorasi bagaimana guru menghadapi tantangan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru harus terus ditingkatkan agar dapat beradaptasi dengan perubahan kurikulum dan perkembangan teknologi. Tantangan yang dihadapi meliputi kebutuhan untuk memperbarui keterampilan, menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan, serta berperan sebagai fasilitator dan motivator. Solusi yang diusulkan mencakup pemberdayaan guru dalam pemanfaatan teknologi dan peningkatan kemampuan dalam menggunakan alat pembelajaran modern. Jurnal ini menekankan pentingnya kesiapan sumber daya manusia dan dukungan sarana serta prasarana untuk mencapai pendidikan berbasis teknologi yang efektif.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

devitriana, idanyoman, Jaya, I. G. T., & Pramana, I. B. K. Y. (2025). PROFESIONAL GURU PROFESIONAL GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN: MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN. UPADHYAYA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 6(1), 52–58. https://doi.org/10.25078/up.v6i1.4246
Abstrak viewed = 100 times