IMPLEMENTASI AJARAN CATUR PARAMITHA DALAM PENGUATAN KARAKTER P5 PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 SINGAKERTA KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR

IMPLEMENTASI AJARAN CATUR PARAMITHA DALAM PENGUATAN KARAKTER P5 PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 SINGAKERTA KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR

Penulis

  • NILUH AYU ULANDARI UHN IGBS DENPASAR
  • Ni Putu Winanti Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ida Ayu Adi Armini Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v6i1.3865

Kata Kunci:

Kata Kunci :Implementasi, Catur Paramitha, Penguatan Karakter P5, Pendidikan Agama Hindu

Abstrak

Kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila ditujukan untuk memperkuat
upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi
Lulusan. Agar memiliki karakter yang positif sesuai dengan ajaran agama hindu maka
ajaran yang dapat diimplementasikan untuk mengembangkan karakter siswa yaitu
ajaran Catur Paramitha. Adapun masalah dibahas: 1) Bagaimanakah proses
implementasi ajaran Catur Paramitha dalam penguatan karakter P5 peserta didik pada
pembelajaran pendidikan agama hindu di Sekolah Dasar Negeri 5 Singakerta? 2)
Bagaimanakah Upaya guru dalam proses implementasi ajaran Catur Paramitha dalam
penguatan karakter P5 peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama hindu di
Sekolah Dasar Negeri 5 Singakerta? 3) Bagaimanakah Dampak implementasi ajaran
Catur Paramitha dalam penguatan karakter P5 peserta didik pembelajaran pendidikan
agama hindu di Sekolah Dasar Negeri 5 Singakerta? Teori yang digunakan untuk
menganalisis masalah adalah Teori karakter dikembangkan oleh Thomas Lickona. Dan
Teori Behaviorisme Gege dan Berliner. Lokasi penelitian SD Negeri 5 Singakerta
Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar. Teknik Penentuan Informan teknik purposive
sampling. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara , dan dokumentasi , metode
analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan 1) Proses Implementasi
Ajaran Catur Paramitha Dalam Penguatan Karakter P5 Peserta Didik,
diimplementasikan melalui: Implemetasi Catur Paramitha Pada Pembelajaran,
Implementasi Catur Paramitha dalam Nilai P5, Implemetasi Catur Paramitha Pada
Ekstrakurikuler. 2) Upaya Guru Dalam Proses Implementasi Ajaran Catur Paramitha
Dalam Penguatan Karakter P5 Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri 5 Singakerta,
melalui upaya dilakukan oleh guru Membangun Komitmen Dengan Warga Sekolah,
Membangun prilaku teladan kepada peserta didik melalui ajaran Catur Paramitha
dalam penguatan karakter P5, Melakukan refleksi evaluasi penerapan ajaran Catur
Paramitha dalam penguatan karakter P5. 3) Dampak Implementasi Ajaran Catur
Paramitha Dalam Penguatan Karakter P5 Peserta Didik, adalah Peningkatan Religius
Peserta Didik, Dampak Kepedulian Sosial, Dampak Bagi Lembaga.
Kata Kunci :Implementasi, Catur Paramitha, Penguatan Karakter P5,
Pendidikan Agama Hindu

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

ULANDARI, N. A., Winanti, N. P., & Armini, I. A. A. (2025). IMPLEMENTASI AJARAN CATUR PARAMITHA DALAM PENGUATAN KARAKTER P5 PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 SINGAKERTA KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR: IMPLEMENTASI AJARAN CATUR PARAMITHA DALAM PENGUATAN KARAKTER P5 PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 SINGAKERTA KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR. UPADHYAYA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 6(1), 17–25. https://doi.org/10.25078/up.v6i1.3865
Abstrak viewed = 94 times