PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 DENPASAR

Penulis

  • Ni Luh Putu Riskayanti Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Nengah Karsana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Gede Garbha Putra Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v4i2.2784

Kata Kunci:

Penerapan, Model Pembelajaran Kontekstual, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti yang memiliki kecenderungan hanya mengarah pada upaya menghafal dan tidak didasarkan pada pengalaman, dapat menyebabkan pengetahuan yang diperoleh akan mudah hilang dari ingatan siswa. Sehingga siswa akan pintar secara teoritis tanpa adanya aplikasi dan praktek dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk model pembelajaran kontekstual, faktor pendukung dan penghambatnya, serta implikasi bagi siswa dan guru. Teori yang digunakan adalah: (1) Teori Konstruktivisme dari Jean Piaget dan Lev Vygotsky, (2) Teori Humanisme dari Abraham Maslow, dan (3) Teori Stimulus Respons dari Edward Lee Thorndike. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan teknik atau metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat 3 bentuk model kontekstual yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluatif. (2) Faktor pendukung: antusias siswa dalam belajar, fasilitas yang memadai, guru yang menguasai materi. Faktor penghambat: persiapan guru kurang matang, siswa tidak tertarik mengikuti pelajaran, kurangnya media pembelajaran. (3) Implikasi bagi siswa: menumbuhkan karakter siswa, mampu memahami materi pelajaran dan mampu mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Implikasi bagi Guru Pendidikan Agama Hindu adalah mampu memberikan materi pelajaran yang bermakna karena adanya proses pengaitan materi terhadap kehidupan siswa.

Biografi Penulis

Ni Luh Putu Riskayanti, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

 

 

I Nengah Karsana, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

 

 

I Gede Garbha Putra, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-01

Cara Mengutip

Riskayanti, N. L. P., Karsana, I. N. ., & Garbha Putra, I. G. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 DENPASAR. UPADHYAYA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 4(2), 143–151. https://doi.org/10.25078/up.v4i2.2784
Abstrak viewed = 203 times