METODE DEMONSTRASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SDN 3 SADING

Authors

  • I Made Marcoluna Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Made Sukerni Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Nengah Sumantra Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v2i2.2668

Keywords:

Demonstrasi, Pembelajaran Daring

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang penting untuk dilaksanakan, pandemi covid- 19
menyebabkan pendidikan harus dilaksanakan tanpa adanya interaksi langsung antara guru dan
siswa, oleh karena hal tersebut banyak terjadi permasalah dalam setiap proses pembelajaran,
disinilah peranan guru sangat penting dalam menciptakan proses pendidikan yang interaktif.
Sekolah Dasar No. 3 Sading menerapkan metode demonstrasi dalam pembelajaran daring yang
memiliki efektivitas yang lebih dibandingkan pembelajaran daring konvensional lainnya.
Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah pelaksanaan
metode demonstrasi dalam pembelajaran daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu pada
siswa kelas V di Sekolah Dasar No. 3 Sading? (2) Apa sajakah kendala metode demonstrasi
dalam pembelajaran daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu pada siswa kelas V di
Sekolah Dasar No. 3 Sading? dan (3) Bagaimanakah upaya-upaya mengatasi kendala metode
demonstrasi dalam pembelajaran daring Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindupada siswa
kelas V di Sekolah Dasar No. 3 Sading? Teori yang digunakan sebagai payung dalam
menganalisa permasalah adalah teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Talcott
Parsons, teori behavior yang dikemukakan oleh Ivan Petrovich Pavlo, dan teori konstruktivisme
dikemukakan oleh Jean Piaget, Bruner dan Lev Vygotsky. Penelitian ini tergolong dalam
penelitian kualitatif. data disajikan secara deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa
wawancara, observasi, dokumen, dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan
pelaksanaan pembelajaran daring dengan penggunaan metode demonstrasi, terdiri dari tiga
tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, kendala dalam pembelajaran ini
meliputi, materi yang tidak dapat didemonstrasikan, dan sarana prasarana yang kurang
mendukung, dan upaya menanggulanginnya adalah, dengan mencari referensi dan
menggunakan sarana sebaik mungkin.

Published

2024-11-13

Issue

Section

Artikel
Abstract viewed = 21 times