IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SISTEM DARING DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DI SMA PGRI 4 DENPASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ni Gusti Ayu Komang Damayanti Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Nengah Duija Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Made Sukma Muniksu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v2i2.2665

Keywords:

Implementasi, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Daring

Abstract

Metode pembelajaran sistem daring merupakan sistem pembelajaran yang implementasinya  menggunakan bantuan media internet. SMA PGRI 4 Denpasar salah satu sekolah yang  mengalami dampak dari adanya covid-19. Adapun masalah yang akan dibahas yakni (1)  Bagaimana implementasi metode pembelajaran sistem daring pada mata pelajaran Pendidikan  Agama Hindu di SMA PGRI 4 Denpasar pada masa pandemi covid-19, (2) Apa saja kendala  yang dialami dalam implementasi metode pembelajaran sistem daring mata pelajaran Agama  Hindu di SMA PGRI 4 Denpasar pada masa pandemi covid-19, (3) Bagaimana upaya-upaya  yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam proses implementasi metode pembelajaran  sistem daring pada mata pelajaran Agama Hindu di SMA PGRI 4 Denpasar pada masa pandemi  covid-19. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: teori belajar kognitif dan  teori konstruktivisme. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode observasi  partisipan, metode wawancara tidak terstruktur dan studi kepustakaan. Data yang telah  dikumpulkan lalu dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah langkah seperti reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian  menunjukkan (1) Implementasi metode pembelajaran sistem daring di SMA PGRI 4 Denpasar  terselenggara dengan cukup baik, namun terdapat beberapa kendala. Implementasi  pembelajaran daring dibagi menjadi tiga tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan dan  evaluasi, (2) Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring dialami oleh peserta didik dan  pendidik yang dibedakan menjadi 2 yakni kendala internal dan kendala eksternal, (3) Upaya  yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala pembelajaran daring yakni, melakukan  pengamatan, komunikasi, pendekatan, bimbingan yang berkesinambungan, memanfaatkan  strategi belajar yang inovatif serta mengaplikasikan nilai moral Agama Hindu dan Budi Pekerti.

Published

2024-11-13

Issue

Section

Artikel
Abstract viewed = 20 times