Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Agama Hindu Di SMPN 5 Satap Randangan Desa Banuroja Kecamatan Randangan Kabupaten Puhuwato Provinsi Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.25078/up.v4i1.2343Kata Kunci:
Pendidikan, Nilai-nilai KarakterAbstrak
Pendidikan merupakan suatu proses yang terjadi secara terus-menerus yang bertujuan untuk mengubah jati diri seorang siswa untuk lebih maju dan berkembang dalam ilmu pengetahuan. Penanaman nilai-nilai karakter sangat penting untuk mengatasi berbagai masalah penyimpangan akhlak dan perilaku yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai latar belakang permasalahan diatas yang dapat dikaji adalah (1) Bagaimana bentuk nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan Agama Hindu di SMPN 5 Satap Randangan desa Banuroja.(2) Bagaimana kendala penerapan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Agama Hindu di SMPN 5 Satap Randangan Desa Banuroja.(3) Bagaimana upaya pelaksanaan penerapan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Agama Hindu di SMPN 5 Satap Randangan Desa Banuroja.Sumber data yang dipergunakan adalah data primer dan sekunder. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan.hasil bahwa (1) Bentuk Penerapan Nilai Pendidikan karakter dalam pembelajaran Agama Hindu Di SMPN 5 satap Randangan Desa banuroja dengan cara belajar Tri Kaya Parisuddha,(2) kendala Penerapan Nilai Pendidikan karakter dalam pembelajaran Agama Hindu Di SMPN 5 satap Randangan Desa Banuroja kurangnya siswa tentang tata tertib sekolah,(3) Upaya Penerapan Nilai Pendidikan karakter dalam pembelajaran Agama Hindu Di SMPN 5 satap Randangan Desa banuroja dengan cara memberika mata pelajaran Tri Hita Karana. kepada peserta didik agama Hindu pada umum nya, khususnya bagi peserta didik di SMP 5 Satap desa Banuroja Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo diharapkan bermanfaat terkait dengan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran Agama Hindu.
