Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Mata Pelajaaran Agama Hindu Dan Budi Pekerti Di SD Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022

Penulis

  • Putu Rusmita Sari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Heny Perbowosari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Denpasar, Indonesia
  • I Putu Andre Suhardiana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25078/up.v4i1.1675

Kata Kunci:

CTL Learning Model, Student Character, Hindu Religion Lessons and Morals

Abstrak

Abstrak
Pembentukan karakter siswa merupakan hal utama yang harus dilakukan. Terlebih di tengah maraknya permasalahan moralitas akibat krisis karakter di kalangan generasi muda. Maka dari itu, penginternalisasian nilai karakter dalam proses pembelajaran khususnya pada pelaksanaan mata pelajaran agama Hindu dan budi pekerti penting dilakukan. Strategi asertif agar pengintegrasian nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam membentuk karakter siswa, menguraikan kendala dan mengidentifikasikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala serta untuk menganalisis implikasi penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam membentuk karakter siswa. Dalam penelitian peneliti menggunakan teori konstruktivisme, teori behaviorisme dan teori karakter. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran CTL dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi, dalam ketiga tahapan ini guru melaksanakan komponen model pembelajaran CTL diantaranya yaitu konstruktivisme, inkuiri, bertanya, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. 2) Kendala yang di hadapi meliputi kebiasaan belajar siswa, sikap disiplin siswa dan kurangnya ketersediaan waktu untuk membuat media pembelajaran. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala adalah dengan memberikan teguran, memberikan hukuman dan memprioritaskan waktu untuk membuat media pembelajaran. 4) Implikasi penerapan model pembelajaran CTL dalam membentuk karakter siswa adalah meningkatnya sikap religius siswa, meningkatnya kemandirian siswa, terbentuknya kesadaran siswa untuk bekerja sama dan meningkatnya kesadaran siswa untuk bersikap jujur.
Kata kunci: Model Pembelajaran CTL, Karakter Siswa, Pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-01

Cara Mengutip

Putu Rusmita Sari, Perbowosari, H. P., & Andre, I. P. A. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Mata Pelajaaran Agama Hindu Dan Budi Pekerti Di SD Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. UPADHYAYA: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 4(1), 62–73. https://doi.org/10.25078/up.v4i1.1675
Abstrak viewed = 192 times