Yoga Dan Teologi Dalam Bhagavadgītā Sebagai Ajaran Serta Praktik Keseimbangan Mental

Authors

  • I Ketut Donder Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Prasanthy Devi Maheswari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/jyk.v7i1.3594

Keywords:

Yoga, Teologi, Bhagavadgita, Keseimbangan Mental

Abstract

Kebanyakan orang mengenal yoga hanya sebagai Hatha Yoga, padahal yoga adalah disiplin spiritual dengan banyak jenis. seperti Raja Yoga, Bhakti Yoga, Jnana Yoga, dan Karma Yoga. Yoga merupakan suatu disiplin spiritual dan asketis Hindu, yang sebagian di antaranya, termasuk juga latihan mengontrol pernapasan, isolasi sederhana, dan sikap tubuh tertentu, secara luas dipraktikkan untuk kesehatan dan relaksasi. Yoga bukan sekedar Asana (Hata Yoga): Tapi yoga pada dasarnya adalah disiplin spiritual yang bertujuan untuk mencapai kesempurnaan rohani yang membuat tubuh fisik elastis ibarat bayi dalam kandungan, suci lahir batin tanpa kepalsuan.

Kajian ini mengambil perspektif kualitatif yang datanya berbentuk deskripsi diperoleh melalui berbagai literatur. Studi ini menggunakan teknik penelitian perpustakaan atau biasa disebut dengan studi kepustakaan atau tinjauan pustaka, dengan analisis data deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menjelaskan bahwa yoga bukan hanya sekedar ilmu pengetahuan biasa (aparavidya) namun yoga juga merupakan paravidya. Yoga sebagai ilmu holisik yang memberi peluang manusia untuk mencapai tujuan akhir sebuah Realisasi Diri atau Kebebasan Sejati. Yoga Metode analisisnya mengggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode interpretatif. Kajian ini menggunakan teori Vedanta. dan hasil penelitian ditemukan bahwa apabila seseorang dengan disiplin menanamkan yoga, maka latihan tersebut dapat menyempurnakan fungsi tubuh fisik dan spiritual sehingga memungkinkan dapat mencapai jivanmukti atau realisasi diri atau mencapai kesadaran Tuhan semasih hidup di dunia, dan moksa setelah kematian.

References

Ananda, Sri. (2015). The Complete Book of Yoga: Harmony of Body and Mind, Delhi: Orient Paperback.

Chinmayananda, Swami. (1994). Seni Kehidupan, Jakarta: Keluarga Besar Chinmayananda

Darmayasa, I Made (2014). Canakya Niti Sastra, Surabaya: Paramita

Donder, I Ketut et al, (2020). “Epistemological Framework Of Hindu Theology: A Study In Vedic Hermeneutic Perspective”, Journal of Critical Reviews ISSN- 2394-5125 Vol 7, Issue 13, 2020, p. 311-319.

Donder, I Ketut. (2023). Article in “Vedic Theology Resolving Religious Conflicts” In International Seminar on the topic “Dimensions of Indian Tradition and Knowledge Transmission”. Organized by Department of Sanskrit, Fakir Mohan University, Balasore, Odisha, INDIA, on 28th to 29th August 2023.

Kajeng, I Nyoman, dkk. (2003). Sarasmuscaya, Surabaya: Paramita

Kinasih, Arum Sukma. (2010). Pengaruh Latihan Yoga Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup. Buletin Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada 18(1), 1 – 12.

https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/viewFile/11531/8597

Maheswari, Prasanthy Devi. (2021). Literatur Yoga dan ĀyurVeda Sumber Komprehensif Ilmu Pengetahuan Kesehatan Holistik. Jurnal Yoga dan Kesehatan. 4(2). 189-203.

Pudja, Gde dan Tjok. Rai Sudharta. (2004). Manava Dharmasastra, Surabaya: Paramita

Pudja, Gde. (2020). Bhagavadgita (Pancama Veda). Surabaya: Paramita

Radhakrishnan, S. (2008). Upanisad-Upanisad Utama, Surabaya: Paramita

Sivananda, Sri Swami. (2005). PIKIRAN: Misteri dan Penaklukannya, Surabaya: Paramita

Suputra, I Kadek Darmo & Juniartha, I Made G. (2023). Hatha Yoga Untuk Kesejahteraan Psikologis Anak. Jurmal Yoga dan Kesehatan. 6(2). 152-161.

http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JYK/article/view/2936

Viresvarananda, Swami. (2002). Brahma Sutra – Pengetahuan tentang Ketuhanan, Surabaya: Paramita

Vivekananda, Swami. (2018). Jnana Yoga (pen. Tjokorda Bagus Putra Mahendra), Surabaya: Paramita

Vivekananda, Swami. https://www.scribd.com/doc/180712319/Swami-Vivekananda-on-How-to-Control-Mind

Published

2024-03-31

Issue

Section

Abstract viewed = 14 times