Hatha Yoga Untuk Kesejahteraan Psikologis Anak
DOI:
https://doi.org/10.25078/jyk.v6i2.2936Keywords:
Hatha Yoga, kesejahteraan psikologis, Sanggar SamirataAbstract
Pandemi COVID-19 menyebabkan berbagai permasalahan tidak terkecuali pada aspek psikologis anak-anak anggota Sanggar Samirata. Keterbatasan ruang gerak anak-anak menyebabkan eksplorasi diri anak cenderung kurang sehingga menimbulkan permasalahan dalam hal kesejahteraan psikologis anak. Banyak penelitian sebelumnya yang menunjukkan aktivitas fisik seperti hatha yoga dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hatha yoga terhadap kesejahteraan psikologis anak -anak anggota Sanggar Samirata. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest posttest design. Sampel penelitian berjumlah 23 orang yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpul data menggunakan psychological well-being scale yang berjumlah 18 aitem dengan nilai koefisien realibilitas sebesar 0.704. Intervensi hatha yoga diberikan sebanyak 16 kali pertemuan. Setiap minggu diberikan 2 kali latihan hatha yoga dengan durasi waktu 2 jam setiap pertemuan. Intervensi hatha yoga diberikan oleh instruktur yoga yang memiliki kompetensi dibidangnya. Uji beda paired sample t test digunakan dalam analisis data. Hasil uji beda pada penelitian ini menunjukkan nilai t sebesar -3,202 dengan signifikansi 0,004 (P < 0,05). Hal ini berarti ada pengaruh hatha yoga terhadap kesejahteraan psikologis anak-anak anggota Sanggar Samirata.
References
Bharti, J. (2021). Therapeutic Effects Of Yoga And Who Mental Health Department Message For General Population To Increase Psychological Well-Being Against COVID-19 Outbreak. GIS Science Journal, 8(1), 480–487.
Hale, G. E., Colquhoun, L., Lancastle, D., Lewis, N., & Tyson, P. J. (2023). Physical activity interventions for the mental health of children: A systematic review. Child: Care, Health and Development, 49(2), 211–229. https://doi.org/10.1111/cch.13048
Kelley, G. A., Kelley, K. S., & Newman, A. (2020). Yoga, Health-Related Quality of Life and Mental Well-Being: A Re-analysis of a Meta-analysis Using the Quality Effects Model. Journals of Gerontology - Series A Biological Sciences and Medical Sciences, 75(9), 1732–1736. https://doi.org/10.1093/gerona/glz284
Klainin-Yobas, P., Ramirez, D., Fernandez, Z., Sarmiento, J., Thanoi, W., Ignacio, J., & Lau, Y. (2016). Examining the predicting effect of mindfulness on psychological well-being among undergraduate students: A structural equation modelling approach. Personality and Individual Differences, 91, 63–68. https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.11.034
Krok, D. (2015). The mediating role of optimism in the relations between sense of coherence, subjective and psychological well-being among late adolescents. Personality and Individual Differences, 85, 134–139. https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.05.006
Muda, A., & Długołęcka, A. (2021). A comparative analysis of body awareness in women practising yoga and volleyball players. Physiotherapy Review, 25(4), 64–73. https://doi.org/10.5114/phr.2021.111809
Naidu, K. V. S., & Raju, M. V. (2022). International Journal on Integrated Education Yoga and Physical Education: Its Impact on Wellbeing (Vol. 5). https://journals.researchparks.org/index.php/IJIE
Nugraheni, R. O. (2021). Kesejahteraan Psikologi (Psychological Well Being) Anak di Kabupaten Blora yang Ditinggal Ibunya sebagai Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(3). https://doi.org/10.23887/jibk.v12i3.36591
Patel, R., & Veidlinger, D. (2023). Exploring the Benefits of Yoga for Mental and Physical Health during the COVID-19 Pandemic. Religions, 14(4). https://doi.org/10.3390/rel14040538
Pramudito, A. A., Kristianto, C., & Ferdinan, A. (2022). Interpretative Phenomenological Analysis tentang Pengalaman Mantan Korban Bullying dalam Menjalin Relasi Sosial. Jurnal Penelitian Kualitatif Ilmu Perilaku, 3(2), 102–120.
Rajendrasingh, B., & Dave, N. N. (2023). To Compare The Consept Of Hatha Yoga According To Patanjali Yoga Sutra And Vasishtha Samhita. Peer-Reviewed, Multidisciplinary & Multilingual Journal, 2(1), 170–175.
Ramandita, F. B., & Winingsih, E. (2023). HUBUNGAN ANTARA EKSPLORASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP PILIHAN KARIR SISWA JURUSAN MESIN DI SMK SEMEN GRESIK. Jurnal BK UNESA, 13(3), 276–282.
Ryff, C. D. (1989). Happines Is Everything, Or Is It? Exploration On The Meaning Of Psychological Well Being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081.
Ryff, C. D. (1995). Psychological Well Being In Adult Life. Current Direction In Psychological Science , 4(4), 99–104.
Sagone, E., & Caroli, M. E. De. (2014). Relationships between Psychological Well-being and Resilience in Middle and Late Adolescents. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 881–887. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.154
Saraswati, S. S. (2002). Asana, Pranayama, Mudra, dan Banda. Penerbit Paramita.
Sari, D. R., & Rosyidah, A. Z. (2019). PERAN ORANG TUA PADA KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 3(1), 1–12.
Sinha, S., Dubey, L. K., & Hussain, A. (2021). Yoga for specially-abled children: A therapeutic means to increase body awareness . International Journal of Yogic, Human Movement and Sports Sciences, 6(1), 160–166.
Sun, X., Chan, D. W., & Chan, L. kwan. (2016). Self-compassion and psychological well-being among adolescents in Hong Kong: Exploring gender differences. Personality and Individual Differences, 101, 288–292. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.06.011
Suputra, I. K. D., Rahayu, Y. P., & Dianovinina, K. (2022). Pengaruh Pelatihan Self-Compassion Terhadap Kontrol Diri Anak yang Berkonflik Dengan Hukum. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 11(3), 429–441.
Surpi, N. K. (2021). Teks – Teks Klasik Yoga dan Refleksinya bagi Pengajaran Yoga di Bali. Jurnal Yoga Dan Kesehatan, 2(4), 163–176.
Talamati, B. P. (2012). Hubungan Antara Trait Kepribadian Neuroticism Dan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Indonesia. Universitas Indonesia.
van Dierendonck, D., & Lam, H. (2022). Interventions to enhance eudaemonic psychological well-being: A meta-analytic review with Ryff’s Scales of Psychological Well-being. Applied Psychology: Health and Well-Being. https://doi.org/10.1111/aphw.12398