Improving Students’ Participation and Motivation in Reading Comprehension Through Reciprocal Teaching

Authors

  • I Komang Surya Dharmawan SMPN 2 Praya Barat Daya
  • I Dewa Gede Rat Dwiyana Putra Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.935

Keywords:

Reading comprehension, Reciprocal Teaching

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa dalam kegiatan membaca teks procedure dan report melalui metode Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dikembangkan menjadi sebuah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 9 SMP Negeri 9 Satu Atap Praya Barat Daya. Kelas ini terdiri dari 4 (empat) siswa. Subjek dipilih berdasarkan observasi awal dan tes yang dilakukan oleh penulis pada awal penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tersebut memiliki partisipasi dan motivasi yang rendah dalam kegiatan membaca, sehingga mempengaruhi pemahaman membaca mereka dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Tahap PTK dilakukan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan revisi. Hasilna menunjukkan bahwa metode Reciprocal Teaching dapat meningkatkan partisipasi siswa terhadap kegiatan membaca pada siklus I (terjadi peningkatan 12%) dan siklus II (terjadi peningkatan 12%). Selain itu, motivasi siswa terhadap kegiatan membaca mereka juga meningkat pada siklus I (terjadi peningkatan 7%) dan bahkan peningkatan yang lebih tinggi pada siklus II (terjadi peningkatan 17%). Ini berarti bahwa metode ini terbukti dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan membaca mereka. Disamping itu, motivasi siswa meningkat dengan penerapan metode Reciprocal Teaching ini. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan kemampuan membaca atau metode pembelajaran Reciprocal Teaching kepada peneliti lain ataupun praktisi Pendidikan Bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, John W., (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Qualitative and Quantitative Research (Fourth Edition). USA: Pearson Education Inc.

Habibullah, Mosleh, (2012). Techniques in Teaching Reading Comprehension. OKARA, 6(2), 221-228. http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/okara/article/download/431/ 417

Ghorbani, M. R., Gangeraj, A. A., &Alavi, S. Z. (2013). Reciprocal Teaching of Comprehension Strategies Improves EFL Learners’ Writing Ability. Current Issues in Education, 16(1). http://cie.asu.edu/ojs/index.php/cieatasu/article/ view/1046

Laurea, Tesi di, 2013. Learning How to Read In English As A Foreign Language: Issues In Italian Secondary School Teaching and The Role of Strategy Instruction. Italia: Università degli Studi di Padova.

McAllum, Ruth, 2104. Reciprocal Teaching: Critical Reflection on Practice. Kairaranga-Journal of Education Practice, 15(1). 26-35. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ EJ1040126.pdf

Nur’aini, Devi, 2013. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Kelas VB SD Negeri Tambakrejo Kabupaten Purworejo. Unpublished Thesis: Universitas Negeri Yogyakarta. Available at: http://eprints.uny.ac.id/16237/1/Devi%20Nur’aini_NIM%2010108247053.pdf

Özdemir1, Ezgi Çetinkaya & Akyol, Hayati. (2019). The Development of a Reading Comprehension Test. Universal Journal of Educational Research 7(2). 563-570. DOI: 10.13189/ujer.2019.070229

Pilten, Gulhiz (2016). The Evaluation of Effectiveness of Reciprocal Teaching Strategies on Comprehension of Expository Texts. Journal of Education and Training Studies, 4(10), 232-247. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1114674.pdf

Rocca, Kelly A., (2010). Student Participation in the College Classroom: An Extended Multidisciplinary Literature Review. Journal of Communication Education, 59(2) https://pdfs.semanticscholar.org/8c77/40860ea46aa9c 76077b524a417677d00f451.pdf

Salehi, Mohammad, and Vafakhah, Sepideh, 2013. A Comparative Study of Reciprocal Teaching Only (RTO) and Explicit Teaching of Strategies before Reciprocal Teaching (ET-RT) On Reading Comprehension of EFL Learners. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 7(2). 148-155. https://www.horizonsd.ca/Services/Literacy/ Documents/Reciprocal%20Teaching.pdf

Van den Broek, Paul, et all. (2014). A Cognitive View of Reading Comprehension: Implications for Reading Difï¬culties. Netherland: Leiden University.

Warayet, Abdalla. (2011). Participation as A Complex Phenomenon in The EFL Classroom. UK: Newcastle University. Doctoral Thesis: Newcastle University, UK. Available at https://theses.ncl.ac.uk/dspace/bitstream/ 10443/1322/1/Warayet11.pdf

Yang, Yu-Fen. (2010). Developing a reciprocal teaching/learning system for college remedial reading Instruction. Journal of Computers & Education, 55(3). 1193–1201. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.05.016

Yawisah, Umi, (2013). Reciprocal Teaching: One of The Methods for Poor Comprehenders. Pedagogy: Journal of English Language Teaching, 1(1). http://e-journal.metrouniv. ac.id/index.php/pedagogy/article/view/354

Downloads

Published

2020-02-29

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 45 times