Pengembangan Model Pendidikan Agama Hindu Berbasis Glokalisasi untuk Peningkatan Mutu Siswa SD Kabupaten Buleleng

Authors

  • Ni Nyoman Lisna Handayani STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • I Putu Suardipa STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Ketut Erna Muliastrini STKIP Agama Hindu Amlapura

DOI:

https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2175

Keywords:

pendidikan agama hindu, glokalisasi

Abstract

Secara umum tujuan penelitian ini adalah dihasilkannya model pendidikan agama hindu berbasis glokalisasi untuk peningkatan mutu siswa SD Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan tipe “Prototipycal Studies. Data dalam penelitian ini akan dikumpulkan dengan: (1) pedoman observasi, (2) pedoman wawancara, (3) kuisioner, (4) pedoman studi dokumen, (5) fokus groups discussion, dan (6) interrater validity. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Nilai- nilai karakter global yang visibel dan relevan untuk diintegrasikan dalam pendidikan karakter berdasarkan spektrum teori rekonstruksi sosial Vygotsky dalam pembelajaran pendidikan agama hindu bagi siswa sekolah dasar kelas V, yaitu: kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, objektivitas, multikultur, berpikir terbuka, kepedulian sosial, opened culture, pendidikan seks, anti rasisme, anti pelecehan, kesetaraan gender, kepemimpinan, kehormatan diri, kehormatan bangsa dan negara, peduli lingkungan, hak azazi manusia, morality dignity, dan penghargaan pada minoritas. Kedua, rekonstruksi struktur muatan kurikulum pendidikan agama hindu Sekolah Dasar kelas V yaitu: mantram dainika upasana, ahimsa, satya dan tat tvam asi, moksha sebagai tujuan akhir, keharmonisan hidup melalui tri hita karana, catur guru, melihat dan mengenal tempat suci dalam agama hindu, kitab suci veda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benninga, J. (2019). Moral Character and Civic Education in the Elementary School. Niership: Teachers College Press.

Bruner, J.S. (2017). After John Dewey, What? dalam R.D. Archambault. (2d). Dewey on Education: Appraisals. New York: Random-House. 211-227.

Bruner, J.S. (2018). The Process of Education. Cambrigde: Harvard University Press.

Cerfe. (2017). Glocalization: Research Study and Policy Recommendations. Rome: TheGlocal Forum, CERFE Group, dan World Bank Institute.

Clark, Ian. (2017). Globalization and Fragmentation: International Relations in theTwentieth Century. Oxford & London: Oxford University Press.

Dantes, N. (2018). Pendidikan Teknohumanistik (Suatu Rangkaian Perspektif Dan Kebijakan Pendidikan Menghadapi Tantangan Global) (Makalah). Universitas Pendidikan Ganesha: Panitia Konaspi

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. 2003. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta 2005.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta. 2005.

Hidayatullah, M. Furqon. (2020). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Ristaka.

Kertajaya, Hermawan. (2020). Grow with the Character: The Model Marketing. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Koesoema, Doni A. (2017). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.Jakarta: Grasindo.

Panggabean, Samsurizal. (2018). “Tantangan-tantangan Globalisasiâ€. Perspektif, Nomor 1,Volume 3.

Plomp. (2018). Development Research in/on Education and Training. Netherlands: Twente University.

Downloads

Published

2022-06-20

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 59 times