Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif (Mobelin) untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Algoritma dan Pemrograman
DOI:
https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2326Keywords:
MOBELIN, Mutu, Algoritma & PemrogramanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif untuk membantu mahasiswa Universitas Negeri Makassar dalam memahami materi algoritma dan pemrograman dasar khususnya pada situasi saat ini yang sedang dilanda pandemic covid-19 yang megharuskan pembelajaran dilakukan secara online. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Untuk mendapatkan modul yang valid dan efektif, maka dilakukan pengujian validitas terhadap instrumen penelitian serta pengujian validitas terhadap modul yang dikembangkan. Modul yang telah dikembangkan kemudian dinilai oleh subjek penelitian untuk menentukan keefktifannya.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa MOBELIN dinyatakan memenuhi kevalidan dan keefektifan. Hasil ini diperoleh setelah dilakukan uji validitas oleh para ahli yang terdiri dari validasi instrumen pada keseluruhan aspek berada pada kategori valid yakni 3,32. Sementara itu, MOBELIN dikatakan efektif digunakan berdasarkan penilaian mahasiswa yang terdiri dari beberapa aspek yaitu pada aspek materi dengan skor 3,48 dengan kategori baik, aspek efektifitas dengan skor 3,41 pada kategori baik, aspek tampilan dengan skor 3,56 dengan kategori sangat baik, aspek kemudahan dalam mengakses dengan skor 3,60 dengan kategori sangat baik dan aspek keoptimalan dalam pembelajaran dengan skor 3,36 dengan kategori baik sehingga rata-rata skor secara keseluruhan adalah 3,45 dengan kategori baik. Sehingga,dapat disimpulkan bahwa MOBELIN dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Downloads
References
Ariyan, F. R., Rokhmawati, R. I., & Brata, K. C. (2020). Pengembangan Antarmuka Website E-Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Pemrograman Dasar Dalam Bahasa Pemrograman Java bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548(10), 964X.
Bibi, S. (2015). Efektivitas Penerapan Blended Learning Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 274–286.
Currie, G., Hewis, J., Nelson, T., Chandler, A., Nabasenja, C., Spuur, K., … Kilgour, A. (2020). COVID-19 impact on undergraduate teaching: Medical radiation science teaching team experience. Journal of Medical Imaging and Radiation Sciences, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jmir.2020.09.002
Dharmayanti, W., & Oktarika, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru Ipa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 41. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1156
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Handhika, J., & Kurniadi, E. (2016). Pengembangan Media Modul Berbasis Komputer Pada Matakuliah Fisika Modern. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.115
Iivari, N., Sharma, S., & Ventä-Olkkonen, L. (2020). Digital transformation of everyday life – How COVID-19 pandemic transformed the basic education of the young generation and why information management research should care? International Journal of Information Management, (June), 102183. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102183
Irawan, U., & Wirasasmita, R. H. (2019). Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 84–90. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1654
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. In kemdikbud.go.id. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/d16ebb4e0e2245e
Kholisho, Y. N. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Multimedia untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pendidikan Informatika. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 17. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i1.733
Kholisho, Y. N., & Marfuatun, M. (2020). Daya Serap Pelaksanaan Mata Kuliah Kependidikan DiTengah Pandemi Covid-19. Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 131–140. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i1.2155
Kurniawan, D., Suyatna, A., & Suana, W. (2015). Pengembangan Modul Interaktif Menggunakan Learning Content Development System Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(6), 1–10.
Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Nurbani, N., Koriaty, S., & Puspitasari, H. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Mata Kuliah Sistem Digital Untuk Program Studi Pendidikan Tik. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 52. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1007
Nurmayanti, N., Ferdiansyah, H., & N, Z. (2021). Pengembangan E-Module Pemrograman Dasar Berbasis Masalah dalam Menunjang Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 5(1), 22–30.
Patricia, A. (2020). College Students’ Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open, 100011. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100011
Rahman, H., Nurjannah, N., & Syarifuddin, S. (2019). Aplikasi Expert System Berbasis Fuzzy logic untuk Mendiagnosa Gaya Belajar Dominan Mahasiswa Tadris Matematika IAIM Sinjai. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 143. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1044
Remuzzi, A., & Remuzzi, G. (2020). COVID-19 and Italy: what next? The Lancet, 395(10231), 1225–1228.https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30627-9
Saifudin, M. F., & Kuning, U. L. (2021). Pengembangan Instrumen Tracer Study Berbasis Cluster Sebagai Kontrol Mutu Lulusan. Jurnal Penjaminan Mutu 7(1), 1–9.
Saifuddin, F., Putro, S. C., & Irianto, W. S. G. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Interktif Pemrograman Dasar Bermuatan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Memahamkan Konsep Pemrograman Siswa Kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Cendika Bangsa Kepanjen.pdf. Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 43(1), 51–61.
Siddik, B., & Kholisho, Y. N. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia Interaktif. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 13. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i1.1389
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistyohati, A. (2020). Pengukuran E-learning Readiness Pada Mahasiswa Sebagai Upaya Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID-19. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 136–145. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i2.2674
Syaharuddin, S., & Mandailina, V. (2017). Pengembangan Modul Pemrograman Komputer Berbasis Matlab. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 1. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.1
Tosepu, R., Gunawan, J., Effendy, D. S., Ahmad, L. O. A. I., Lestari, H., Bahar, H., & Asfian, P. (2020). Correlation between weather and Covid-19 pandemic in Jakarta, Indonesia. Science of the Total Environment, 725. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.138436
Udayana, N. N. A., Wirawan, I. M. A., & Divayana, D. G. H. (2017). Pemrograman Berorientasi Objek Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas Xii Rekayasa Perangkat Lunak. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(2), 128–139.
Widayat, P. (2021). Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Selama Kuliah Online. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1), 504–505.
Williyana, B. A. I., Kholisho, Y. N., & Fathoni, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2), 52. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.869
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944
Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Digital Elektronic Publication (Epub) Menggunakan Software Sigil Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.29408/edumatic.