AKTUALISASI AJARAN PANCA SATYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI SMA KUTAPURA

ACTUALIZATION OF THE PANCA SATYA TEACHINGS IN CHARACTER FORMING OF CLASS X STUDENTS IN KUTAPURA SMA

Authors

  • kusumadhana I Gusti Made Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/japam.v2i02.740

Keywords:

Actualization, Panca Satya, Character Building

Abstract

Pendidikan Nasional menurut undang-undang terdapat beberapa faktor-faktor yang mendukung mengapa pendidikan karakter dibutuhkan dalam mengembangkan karakter bangsa yang bersumber dari kesadaran beragama. Pendidikan agama tentunya mengandung ajaran-ajaran yang baik dan tidak menjerumuskan umatnya. Panca Satya merupakan salah satu ajaran agama Hindu yang bertujuan untuk memerangi sifat tidak baik seperti berbohong melalui ucapan dan perbuatan. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan beberapa teknik yang sesuai dalam penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: teknik observasi non partisipan, teknik wawancara tak terstruktur dengan penentuan informan menggunakan teknik snowball serta menggunakan teknik studi kepustakaan. Dalam penerapan ajaran Panca Satya di SMA Kutapura guru menggunakan strategi pembelajaran kooperaktif tipe group isvetigation yang membawa dampak besar dalam membentuk karakter peserta didik seperti halnya terdapat perubahan sikap dari siswa itu sendiri dengan adanya sikap sopan santun, sikap kedisiplinan, memupuk sikap tanggung jawab, dan sikap kepedulian siswa.

References

Abraham H. Maslow. 1994. Motivasi dan Kepribadian (Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia). Jakarta: PT. PBP.

Jaya, I. K. (2021). MEREKONSTRUKSI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PERAN GURU DAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DISEKOLAH. JAPAM, 103-116.

Kadjeng, I. N. (1997). Sarasamuccaya. Surabaya: Paramita.

Nurhadi, E. E. (2003). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PENERAPAN

DALAM KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Purnomo, I. M. (2018). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER HINDU

MELALUI PEMBELAJARAN BHAGAVAD GITA DIGITAL DI

PASRAMAN GIPISVARA BULELENG. Satya Widya, 183-190.

Sugita, I. W. (2018). PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER. GUNA

WIDYA, 42-50.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sura, I. G. (2011). Agama Hindu Sebuah Pengantar. Denpasar: CV. Kayumas

Agung.

Published

2022-10-31

Issue

Section

Artikel
Abstract viewed = 92 times