AKTUALISASI AJARAN PANCA SATYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X DI SMA KUTAPURA
ACTUALIZATION OF THE PANCA SATYA TEACHINGS IN CHARACTER FORMING OF CLASS X STUDENTS IN KUTAPURA SMA
DOI:
https://doi.org/10.25078/japam.v2i02.740Keywords:
Actualization, Panca Satya, Character BuildingAbstract
Pendidikan Nasional menurut undang-undang terdapat beberapa faktor-faktor yang mendukung mengapa pendidikan karakter dibutuhkan dalam mengembangkan karakter bangsa yang bersumber dari kesadaran beragama. Pendidikan agama tentunya mengandung ajaran-ajaran yang baik dan tidak menjerumuskan umatnya. Panca Satya merupakan salah satu ajaran agama Hindu yang bertujuan untuk memerangi sifat tidak baik seperti berbohong melalui ucapan dan perbuatan. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan beberapa teknik yang sesuai dalam penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: teknik observasi non partisipan, teknik wawancara tak terstruktur dengan penentuan informan menggunakan teknik snowball serta menggunakan teknik studi kepustakaan. Dalam penerapan ajaran Panca Satya di SMA Kutapura guru menggunakan strategi pembelajaran kooperaktif tipe group isvetigation yang membawa dampak besar dalam membentuk karakter peserta didik seperti halnya terdapat perubahan sikap dari siswa itu sendiri dengan adanya sikap sopan santun, sikap kedisiplinan, memupuk sikap tanggung jawab, dan sikap kepedulian siswa.
References
Abraham H. Maslow. 1994. Motivasi dan Kepribadian (Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia). Jakarta: PT. PBP.
Jaya, I. K. (2021). MEREKONSTRUKSI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PERAN GURU DAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DISEKOLAH. JAPAM, 103-116.
Kadjeng, I. N. (1997). Sarasamuccaya. Surabaya: Paramita.
Nurhadi, E. E. (2003). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PENERAPAN
DALAM KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Purnomo, I. M. (2018). INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER HINDU
MELALUI PEMBELAJARAN BHAGAVAD GITA DIGITAL DI
PASRAMAN GIPISVARA BULELENG. Satya Widya, 183-190.
Sugita, I. W. (2018). PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER. GUNA
WIDYA, 42-50.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sura, I. G. (2011). Agama Hindu Sebuah Pengantar. Denpasar: CV. Kayumas
Agung.