IMPLEMENTASI KONSEP CATUR MARGA SEBAGAI KONSTRUKSI PROFESIONALISME KERJA BAGI MAHASISWA ON THE JOB TRAINING: STUDI DI INSTITUT PARIWISATA DAN BISNIS INTERNASIONAL DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.25078/japam.v2i01.694Keywords:
Catur Marga, Professionalism, On the Job TrainingAbstract
Konsep asli ajaran Catur Marga adalah jalan spiritualitas berdasarkan empat tingkatan untuk mendekatkan diri pada Tuhan, yakni; 1) Bhakti Marga, 2) Karma Marga, 3) Jnana Marga, dan 4) Raja Marga. Esensi dari Bhakti Marga adalah jalan ketaatan dan loyalitas pengabdian pada Tuhan, Karma Marga adalah jalan perbuatan untuk memupuk karma baik, Jnana Marga adalah jalan pengetahuan, dan Raja Marga adalah jalan pengendalian diri dan pengekangan hawa nafsu. Namun sesungguhnya ajaran Catur Marga juga dapat diadaptasi menjadi sebuah pola konstruksi karakter dan penguasaan profesionalisme berbagai perspektif keilmuan. Salah satunya mengkonstruksi profesionalisme bidang industri perhotelan. Studi yang dilakukan pada mahasiswa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) yang melaksanakan On the Job Training (OJT) menemukan bahwa pada hakikatnya pola Catur Marga telah diimplementasikan secara hakiki dalam membentuk profesionalisme di bidang industri perhotelan. Implementasi tersebut meliputi; 1) Bhakti Marga, yaitu membentuk ketaatan, rasa hormat dan disiplin serta loyalitas terhadap swadharma dan industri tempat bekerja atau magang, 2) Karma Marga, yaitu melatih inisiatif dalam berbuat dan pelayanan tanpa pamrih, 3) Jnana Marga, yaitu melatih skill dan knowledge, dan 4) Raja Marga, yaitu melatih kendali diri untuk menjadi wise person dan low profile.
Kata kunci: Catur Marga, Profesionalisme, On the Job Training
References
Anggreni. (2015). Implementasi Ajaran Karma Yoga Dalam Agama Hindu. Jurnal Peneliti Agama, 1(2), 45–61.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Raja Grafindo Persada.
Hejase, H. J. (2015). Sexual Harassment in the Workplace: An Exploratory Study from Lebanon. Journal of Management Research, 7(1), 107. https://doi.org/10.5296/jmr.v7i1.6965
Jayendra, P. S. (2017). Ajaran Catur Marga Dalam Tinjauan Konstruktivisme Dan Relevansinya Dengan Empat Pilar Pendidikan UNESCO. Jurnal Penelitian Agama, III(1), 73–84. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/vs/article/download/329/291
Jayendra, P. S. (2018). Konstruksi Level Pengetahuan Metakognitif Dalam Pembelajaran Agama Hindu. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 5(2), 11–23. https://doi.org/10.25078/gw.v5i2.638
Kadjeng, I. N. (2007). Sarasamuscaya. Pemerintah Provinsi Bali.
Kembuan, G. C., Lengkong, V. P. K., & Pandowo, M. (2018). Pengaruh Iklim Organisasi, Pengembangan Karir, Konflik, Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai UNSRAT. Jurnal EMBA, 6(3), 1698–1707.
Kurnianingsih, S. (2003). Pelecehan seksual terhadap perempuan di tempat kerja. Buletin Psikologi, 11(2), 116–129.
Maswinara, I. W. (1997). Bhagawadgita. Paramita.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ), 1(1), 64–74.
Nugrahani, R. B. . (2018). Penerapan Pelayanan Prima Front Office Dalam Melayani Tamu Di Holiday Inn Hotel Melaka.
Putri, A. R., & Kristiutami, Y. P. (2016). Pelayanan Housekeeping Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Di Grandia Hotel Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 1(1), 267–276. http://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/UnivBSI/article/view/56/54%0Ahttp://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/UnivBSI/article/view/56
Rivai, V. & Sagala. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan (II). Raja Grafindo Persada.
Siswadi, G. A. (2020). Dialektika Agama: Dalam Konstruksi Kedamaian Dan Keharmonisan Berlandaskan Tri Hita Karana (pp. 72–84). Jayapangus Press.
Swasto, B. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Brawijaya Press.
Sudharta T.R & I.B.O.P.Atmaja. (2001). Upadesa tentang Ajaran-ajaran Agama Hindu. Paramita.
Tim Penyusun. (2006). Kamus Istilah Agama Hindu. Pemerintah Provinsi Bali.
Wahyudi. (2006). Manajemen Konflik Dalam Organisasi (II). Alfabeta.
Widiana, P., & Budiono, B. (2021). Pengaruh Sexual Harassment terhadap Turnover Intention melalui Job Satisfaction pada Karyawan Perhotelan di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 1113–1123. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p1113-1123
Wulanto, R. W., & Hadi, W. (2014). Peranan Housekeeping Dalam Usaha Meningkatkan Kepuasan Tamu Melalui Kebersihan Kamar Pada Housekeeping Departemen Di Sagan Huis Hotel Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, V(1), 55–62.