EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU
DOI:
https://doi.org/10.25078/japam.v2i01.261Kata Kunci:
online learning, google classroom, covid-19 pandemicAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran online menggunakan google classroom pada masa andemi Covid-19 dalam agama Hindu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang berfokus pada evaluasi pembelajaran online menggunakan google classroom. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 5 Denpasar yang diajarkan agama Hindu secara online menggunakan google classroom. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII AP1 SMK Negeri 5 Denpasar yang dipilih dengan teknik random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Instrumen dalam pengumpulan data menggunakan angket pembelajaran online. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menilai pembelajaran agama Hindu secara online menggunakan google classroom sebanyak 23,30%, sebagian besar siswa menilai efektif sebanyak 46,70%, dan siswa menilai biasa saja sebanyak 20,00%. Meskipun ada juga siswa yang menilai pembelajaran online/online menggunakan Google Calssroom kurang efektif sebanyak 10,00%, dan juga sama sekali tidak ada 0,00% yang menilai sangat tidak efektif. Untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran agama Hindu secara online di masa pandemi Covid-19, pendidik dituntut memenuhi sepuluh saran dari peserta didik, yaitu (1) uraian materi pembelajaran lebih ringkas; (2) Pemilihan materi dalam video harus berdasarkan kriteria bahasa yang mudah dipahami; (3) Meminimalkan pengiriman materi berupa video yang berat untuk menghemat kuota; (4) Pembelajaran dilakukan melalui video call; (5) Pemberian soal yang bervariasi dan berbeda untuk setiap siswa; (6) Tetap memberikan materi sebelum penugasan; (7) Penugasan harus mencantumkan cara kerja; (8) Mengingatkan siswa jika ada tugas yang diberikan; (9) Pemberian tugas sesuai jadwal pelajaran; dan (10) Mengurangi tugas.
Referensi
Bawelle, dkk. 2016. Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Fungsi Penglihatan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado Angkatan 2016. Jurnal E-Biomedik. https://doi.org/10.35790/ebm.4.2.2016.14865.
Candrawati, S.R. 2010. Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 8 (2). https://docplayer.info/63240853-Pemamfaatan-e-learning-dalam-pembelajaran-oleh-sri-rahayu-chandrawati-dinas-pendidikan-kabupaten-ketapang-kalimantan-barat.html. diunduh tanggal 30 Mei 2021. Jam 21.55 Wita.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gheytasi, M,. Azizifar, A., & Gowhary, H. 2015. The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia – Sosial and Behavioral Sciences, 199. 225-230. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510.
Hanum, N.S. 2013. Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto).https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1584/0. diunduh tanggal 30 Mei 2021. Jam 21.20 Wita.
Hartono, W. 2016. Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10 (1). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3438. diunduh tanggal 30 Mei 2021. Jam 20.25 Wita.
Hendrastomo, G. 2008. Dilema dan tantangan Pembelajaran E-Learning 1 (The Dilemma and the Challenge of. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132318574/penelitian/Dilema+dan+Tantangan+Pembelajaran+Elearning+ok.pdf. diunduh tanggal 30 Mei 2021. Jam 00.30 Wita.
Hikmatiar, dkk. 2020. Pemanfaatan Laearning Manegement Syastem Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8 (1). https://www.researchgate.net/publication/339189102_Pemanfaatan_Learning_Manegement_System_Berbasis_Google_Classroom_Dalam_Pembelajaran. diunduh tanggal 30 Mei 2021. Jam 22.05 Wita.
Ibrahim, D.S., & Suardiman, S.P. 2014. Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2 (1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645.
Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Indonesia Language Education and Literature, 3 (1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820.diunduh tanggal 30 Mei 2021. Jam 20.50 Wita.
Maharani, N dan Kartini, K.S. 2019. Penggunaan Google Classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan memecahkan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/9432. diunduh tanggal 30 Mei 2021. Jam 22.20 Wita.
Sianturi, S.R. 2018. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4 (2). https://ejournal.upi.edu/index.php/JPKI/article/view/11563. diunduh tanggal 30 Mei 2021. Jam 22.35 Wita.
Sidabutar, dkk. 2019. Analisis Pengaruh Game Online Mobile Terhadap Kesehatan Mata Pada Mahasiswa FTI UAJY. Sintak 2019.3, 402-410.
Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 24 Maret 2020, http://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-kemdikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/.
Wardani, dkk. (2018). Daya tarik Pembelajaran di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian teknologi Pendidikan. (JKP),1 91). http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852. diunduh tanggal 30 Mei 2021. Jam 21.10 Wita.
Waryanto, N.H. 2006. On-Line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras.http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online%20Learning%20sebagai%20Salah%20Satu%20Inovasi%20Pembelajaran.pdf. diunduh tanggal 30 Mei 2021. Jam 21.45 Wita.



