Labeling dan Pemanfaatan Instagram Pada Usaha Kerupuk Jamur Tiram

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1158

Kata Kunci:

jamur tiram, label, instagram

Abstrak

Jamur tiram merupakan jenis jamur yang bisa dikonsumsi. Olahan jamur dalam bentuk kerupuk dipilih oleh mitra karena sudah banyak dipasaran yang mengolah jamur tiram menjadi Jamur Crispy. Sehingga, perlu melakukan inovasi terhadap makanan berbahan dasar jamur agar mampu bersaing di pasaran. Kerupuk jamur tiram hasil produksi mitra belum memiliki nama produk dan belum mencantumkan label yang berisi identitas produk. Kerupuk jamur tiram tersebut biasanya dipasarkan secara terbatas dengan menitipkan di warung-warung sekitar rumah ataupun melalui pesanan secara terbatas. Kerupuk jamur tiram ini belum begitu dikenal secara luas karena tidak ada sarana promosi yang digunakan mitra untuk memperkenalkan kerupuk jamur tiramnya. Kegiatan pengabdian diawali dengan melakukan analisis kebutuhan terhadap kegiatan mitra dalam usaha penjualan jamur tiram, memberikan pemahaman kepada mitra melalui penyuluhan/sosialisasi pentingnya memiliki label sebagai identitas agar bisa teridentifikasi oleh konsumen. Kegiatan pengabdian juga dilanjutkan dengan memberikan penyuluhan/sosialisasi tentang promosi secara daring bagi sebuah usaha kecil dan kemudian mitra akan didampingi dalam pembuatan akun instagram sebagai media promosi.

Referensi

N. J. Setiadi, Perilaku konsumen: konsep dan implementasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. 2019.

T. Alwi and E. Handayani, “Keunggulan Bersaing UKM Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk,” J. Pengemb. Wiraswasta, vol. 20, no. 3, p. 193, 2018, doi: 10.33370/jpw.v20i3.256.

P. Kotler and G. Armstrong, Prinsip-Prinsip PEMASARAN Principle of Marketing. Jakarta: Erlangga, 2012.

M. Rifa’i and Hamidi, “Efektivitas Promosi Online Dalam Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen,” OPTIMA (Jurnal iIlmiah Bid. Agribisnis dan Ekon., vol. 1, no. 2, pp. 67–73, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

02-09-2022

Cara Mengutip

Rinartha, K. ., Kusuma, T. M. ., & Kartika, L. G. S. (2022). Labeling dan Pemanfaatan Instagram Pada Usaha Kerupuk Jamur Tiram. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 66–75. https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1158

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 91 times