Pendampingan Pembuatan Foto Produk untuk Konten bagi pelaku UMKM sebagai Upaya Promosi di Media Sosial

Penulis

  • Muhammad Sholeh Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Rr. Yuliana Rachmawati Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Joko Susetyo Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1025

Kata Kunci:

UMKM, foto, produk

Abstrak

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)  mengenai pembuatan foto produk yang akan  digunakan sebagai upaya memperkenalkan produk melalui  di media sosial.  Materi Pendampingan dan pelatihan diawali dengan materi yang mengupas pentingnya penggunaan media sosial sebagai media promosi dan materi yang terkait dengan membuat foto produk  dengan menggunakan peralatan yang sederhana dan mengemas foto produk dengan aplikasi Pixlr. Penggunaan aplikasi Pixlr ini agar hasil foto produk yang dijadikan konten mempunyai nilai yang lebih menarik.  Pelaksanaan pendampingan diberikan pada anggota UMKM Laras manunggal Kecamatan Sedayu. Metode pelaksanaan diawali  dengan melakukan komunikasi  dengan pengurus paguyuban Laras Manunggal terutama mengenai kebutuhan yang diperlukan anggota paguyuban dalam pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Hasil komunikasi ini dilanjutkan dengan kuesioner untuk memetakan pemahaman anggota yang terkait dengan media sosial. Hasil dari kegiatan ini diantara peserta mendapatkan materi membuat foto produk yang dilakukan langsung dengan praktik dan evaluasi konten yang dibuat.

Referensi

Aditya Wicaksono Irawan, Yusufianto, A., Agustina, D., & Dean, R. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Vol. 2020). https://apjii.or.id/survei

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 61–76. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32

Hardiyanto, D., Sholeh, M., & Rachmawati, R. Y. (2020). Optimization of information technology utilization based on geography information system as a marketing media for micro, small, and medium enterprises to improve competitiveness in Bantul Regency, Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 807(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/807/1/012010

Khoiro, F., Rachma, N., Hufron, M., & Manajemen, P. (2019). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Viral Marketting Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Konsumen Warung Siji House and Resto Malang ). e – Jurnal Riset Manajemen, 9(25), 140–153. www.fe.unisma.ac.id

Lestari, P. A. (2020). Pelatihan Teknik Fotografi Menggunakan Smart Phone. Jurnal Lentera Widya, 1(2), 1–7.

Mujiastuti, R. (2019). Pkm Foto Produk Dan Upload Gambar Via Medsos Pada Ok Oce Kecamatan Cakung. September.

Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA UMBUL PONGGOK, KABUPATEN KLATEN. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27.

Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). PELATIHAN FOTOGRAFI DASAR BAGI PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM ) KECAMATAN LENGKONG KOTA BANDUNG. 02(02), 205–211.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rachmawati, R. Y., & Sholeh, M. (2019). Design and Analysis of Database Clustering System of Micro , Small and Medium Enterprises ( MSME ) in Bantul Regency Design and Analysis of Database Clustering System of Micro , Small and Medium Enterprises ( MSME ) in Bantul Regency. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1413(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1413/1/012028

Rahmawati, D., Sariwaty, Y., Octaviani, F., & Rahmayani, R. (2020). Pemanfaatan Fotografi Melalui Smartphone Untuk Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM. Jurnal Sosial & Abdimas, 2(1), 1–8.

Ranu, A. Y., & Setiasih, N. W. (2018). Pelatihan Fotografi Produk UKM Perajin Mosaik Kaca Tegallalang. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(1), 69–75. https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/16

Rasyid, R. A., Moniharapon, S., Trang, I., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media, Kualitas Layanan Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada Pt. Sinar Galesong Mandiri Malalayang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 3933–3942. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21918

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Sholeh, M., Triyono, J., & Rachmawati, R. Y. (2020). Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), 158–164. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i2.965

Sholeh, M., Triyono, J., & Rachmawati, Y. (2019). BIMBINGAN TEKNIS PENGENALAN SISTEM INFORMASI UMKM BANTUL PADA KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT KABUPATEN BANTUL. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT http://ojs.uninus.ac.id/index.php/JPKM, 9(2), 153–161.

Vidyasari, R., Rimenda, T., & Mirati, E. (2020). UNTUK MENDUKUNG PENJUALAN ONLINE PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL DI MASA PANDEMI. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 2(2), 31–39.

Unduhan

Diterbitkan

02-09-2022

Cara Mengutip

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y. ., & Susetyo, J. . (2022). Pendampingan Pembuatan Foto Produk untuk Konten bagi pelaku UMKM sebagai Upaya Promosi di Media Sosial. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i2.1025

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 183 times