ORIENTASI DAN PENANAMAN TANAMAN UPAKARA DI ASHRAM GANDHI PURI DESA PAKSEBALI KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KLUNGKUNG

Penulis

  • I Gede Suwantana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Nyoman Subagia
  • I Gusti Ngurah Sudiana
  • I Made Surada
  • Relin D.E

DOI:

https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i1.10

Kata Kunci:

Tanaman Upakara, orientasi, penanaman

Abstrak

Keberadaan tanaman upakara di Bali semakin hari semakin langka. Hal ini terjadi oleh karena semakin massifnya pelaksanaan upacara serta masyarakat kurang peduli terhadap pelestariannya. Atas dasar itu, penanaman tanaman upakara menjadi sangat urgent dilakukan di Bali karena disamping untuk menyuplay kebutuhan bahan upakara juga sebagai bentuk pelestarian lingkungan atau konservasi terhadap tanaman langka. Karya ini mendeskripsikan bagaimana kelangkaan tanaman tersebut beserta dengan upaya yang hendak dilakukan guna mengatasinya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan cara penanaman kembali dan kemudian menginspirasi setiap orang untuk sadar bahwa menanam tanaman upakara baik di pekarangan maupun dalam bentuk taman gumi banten sangat penting. Bali akan tampak asri jika tanaman upakara ini ditanama di setiap pekarangan karena berperan juga sebagai tanaman hias. Prodi S3 UHN I Gusti Bagus Sugriwa melalui pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan berupaya menginspirasi para pemuda di Ashram Gandi Puri tentang pentingnya tanaman upakara ini serta secara langsung melakukan penanaman tanaman upakara di lokasi Ashram. Melalui Program ini diharapkan lahan di Ashram Gandhi Puri ditumbuhi dengan berbagai jenis tanaman upakara serta adanya kesadaran para warganya untuk secara aktif menanam tanaman upakara serta menginspirasi yang lainnya untuk berkontribusi aktif melestarikan tanaman upakara yang semakin langka.

Referensi

Sudarsana, Ida Bagus Putu. 2005. Ajaran Agama Hindu Upadeca. Denpasar: Yayasan Dharma Acarya Percetakan Mandara Sastra.

Sudarsana, Ida Bagus Putu. 2008. Ajaran Agama Hindu Upacara Manusia Yadnya Magedong-Gedongan. Denpasar: Yayasan Dharma Acarya Percetakan Mandara Sastra.

Suwantana, I Gede. 2012. From Ecology to Ecosophy: Study of Arne Naess’s Environmental Philosophy. Lambert Publishing: Germany.

Tim Penyusun. 2010. Taman Gumi Banten Eniklopedi Tanaman Upakara. Denpasar: Udayana Universitas Pres.

Unduhan

Diterbitkan

04-04-2022

Cara Mengutip

Suwantana, I. G., Subagia, I. N. ., Sudiana, . I. G. N. ., Surada, I. M. ., & D.E, R. (2022). ORIENTASI DAN PENANAMAN TANAMAN UPAKARA DI ASHRAM GANDHI PURI DESA PAKSEBALI KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KLUNGKUNG. Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 26–35. https://doi.org/10.25078/sevanam.v1i1.10

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 144 times

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.