STRATEGI PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK MENGATASI DISPARITAS KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI: STUDI KASUS DI TK MARSUDI RINI KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi disparitas kemampuan bahasa pada anak usia dini dan strategi pendidikan inklusif di TK Marsudi Rini Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi kemampuan bahasa yang signifikan di antara tiga anak dari tiga kelas berbeda (A3, B1, dan B2). Anak-anak dengan keterbatasan bahasa menghadapi kendala dalam berbicara, pemahaman instruksi, keterampilan membaca dan menulis, serta interaksi sosial. Guru di kelas A3 dan B1 menggunakan pendekatan yang lebih intensif, sementara kelas B2 melibatkan guru pendamping untuk membuat pembelajaran lebih kondusif. Hambatan utama dalam implementasi pendidikan inklusif meliputi keterbatasan fasilitas, minimnya pelatihan guru, pemahaman orang tua yang rendah, dan kurangnya dukungan eksternal dari pemerintah. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan bagi guru dan peningkatan fasilitas agar mampu mengatasi disparitas kemampuan bahasa anak dengan lebih efektif. Edukasi orang tua melalui kegiatan parenting diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan dalam perkembangan anak. Selain itu, dukungan eksternal diperlukan untuk keberlanjutan program inklusif di sekolah. Melalui studi kasus ini, penelitian memberikan gambaran tantangan dan rekomendasi praktis bagi institusi pendidikan dalam meningkatkan kemampuan bahasa dan interaksi sosial anak usia dini dalam konteks pendidikan inklusif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amalia Fajriyyatin Najichah Najichah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





