Geguritan Rare Kumara

Kajian Filsafat Pendidikan

Penulis

  • I Wayan Yudhasatya Dharma Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Yusi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/kalangwan.vi.4625

Kata Kunci:

Geguritan Rare Kumara, Filsafat Pendidikan

Abstrak

Kasusastraan Bali yang sarat akan nilai pendidikan di dalamnya.
Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia yang pada intinya bertujuan untuk memanusiakan manusia, mendewasakan, dan mengubah perilaku menjadi lebih baik. Salah satu sumber pendidikan adalah melalui karya sastra, dimana karya sastra adalah seni yang memiliki unsur budi, imajinasi, dan emosi. Selain itu disebut juga sebagai karya kreatif yang dimanfaatkan untuk konsumsi intelektual dan emosional. Geguritan Rare Kumara (GRK) merupakan salah satu dari sekian banyak kasusastraan Bali Purwa yang kerap ditembangkan dalam berbagai kesempatan oleh masyarakt Bali. Seperti halnya kasusatraan Bali lainnya tentunya GRK memiliki nilai yang adiluhur dalam setiap umpan pupuhnya. GRK menjadi salah satu sumber pengetahuan masyarakat Bali dalam berbagi disiplin kehidupan. Namun paradigma masyarakat Bali sedikit demi sedikit telah mengalami perubahan, globalisasi telah mengubah cara pandang dan juga cara hidup masyarakat Bali saat ini. Problematika terkait dengan GRK melahirkan dua rumusan masalah yang berkaitan denga fungsi dan nilai yang terkandung dalam GRK berdasarkan kajian filsafat pendidikan. Secara umum tujuan dari penelitian ini, adalah untuk menggali dan mengungkapkan hakikat pendidikan yang terkandung dalam teks Geguritan Rare Kumara (GRK).
Untuk menjelaskan masalah di atas penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber langsung (primer) yang diperoleh di lapangan sebagai hasil dari pengamatan dan pencermatan terhadap GRK. Sedangkan sumber tak langsung (sekunder) dapat diperoleh melalui buku-buku, artikel, dokumen tertulis, dan sebagainya dari perpustakaan atau tempat lain. Sumber primer dan sekunder dapat dipadukan atau di croos-cek untuk mendapatkan data-data yang benar-benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.. Pengumpulan data yang dipergunakan di sini, antara studi dokumen dan kepustakaan lain. Setelah data diperoleh, dijelaskan dengan mereduksi, selanjutnya penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan, didapat temuan terkait fungsi GRK berdasarkan kajian filsafat pendidikan meliputi sebagai media untuk membangun kecerdasan serta kesadaran dan pengendalian diri. Selanjutnya terkait dengan nilai-nilai yang terkandung dalam GRK berdasarkan kajian filsafat pendidikan ditemukan bahwa aspek nilai tersebut meliputi nilai kemandirian, nilai etika, dan nilai tanggung jawab. Kesemua temuan tersebut dijelaskan berdasarkan nilai-nilai yang mendasar berkaitan dengan aspek pendidikan. Dalam beberapa umpan pupuh yang dijelaskan melalui proses penelitian diperoleh unsur-unsur yang identik dengan temuan-temuan tersebut. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa GRK merupakan saa
Kata Kunci: Geguritan Rare Kumara, Filsafat Pendidikan

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-07

Terbitan

Bagian

Articles
Abstrak viewed = 175 times