STRATEGI GURU PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BAHASA BALI
DOI:
https://doi.org/10.25078/kalangwan.v11i2.1478Keywords:
Campur Kode, Sosiolinguistik, Identitas BangsaAbstract
Penelitian ini meneliti tentang strategi guru pada peningkatan kemampuan berbicara dalam bahasa bali. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemakaian bahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari khususnya bahasa bali kian menurun karena kurangnya motivasi untuk belajar. Hal ini tercermin ketika berbicara menggunakan bahasa bali. Melihat fenomena tersebut, maka seorang guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa yang sesuai dengan anggah-ungguhing basa bali. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa bali. Melalui strategi pembelajaran yang tepat, guru diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa, yang didukung oleh lingkungan keluarga. Factor-faktor yang mempengaruhi keterampilan siswa dalam berbicara menggunakan bahasa bali yaitu factor internal dan factor eksternal. Semoga dengan kolaborasi antara keluarga dan guru di sekolah dalam mendidik anak khususnya melatih kemampuan berbicara dalam bahasa bali, dapat melahirkan seorang anak yang mencintai budayanya sendiri, khususnya bahasa bali.