Work-Life Balance bagi Womanpreneur: Kajian Literatur tentang Tantangan dan Strategi Manajemen Waktu untuk Pengusaha Perempuan
DOI:
https://doi.org/10.25078/juwara.v1i1.4873Kata Kunci:
womanpreneur, worklifebalanceAbstrak
Artikel ini mengkaji literatur tentang tantangan dan strategi manajemen waktu bagi perempuan pengusaha atau womanpreneur. Perempuan pengusaha seringkali menghadapi dilema dalam menyeimbangkan peran profesional dan kehidupan pribadi. Tantangan utama yang dihadapi womenpreneur dalam mencapai keseimbangan kerja-kehidupan serta strategi manajemen waktu efektif yang dapat diterapkan adalah tujuan dari penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis berbagai jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang relevan yaitu dengan menggunakan metode studi literatur. Beberapa tantangan utama yang menunjukkan hasil penelitian, antara lain beban kerja yang tinggi, serta kurangnya dukungan sosial. Strategi manajemen waktu yang efektif meliputi perencanaan yang terstruktur, delegasi tugas, penggunaan teknologi, serta pengaturan prioritas. Kesimpulannya, womanpreneur membutuhkan strategi manajemen waktu yang terencana dan terukur untuk mengatasi berbagai tantangan dalam mencapai keseimbangan kerja-kehidupan yang optimal. Untuk membantu mereka mencapai keseimbangan tersebut diperlukan dukungan dari lingkungan sekitar karena hal ini juga sangat penting.
Referensi
Ahl, H. (2006). Why research on women entrepreneurs needs new directions. Entrepreneurship Theory and Practice, 30(5), 595-621.
Allen, T. D., Herst, D. E. L., Bruck, C. S., & Sutton, M. (2013). Consequences associated with work-to-family conflict: A review and agenda for future research. Journal of Occupational Health Psychology, 18(3), 227-246.
Aldrich, H. E., & Cliff, J. E. (2003). The pervasive effects of family on entrepreneurship: Toward a family embeddedness perspective. Journal of Business Venturing, 18(5), 573-596.
Choudhury, P. (2014). The role of technology in improving work-life balance in contemporary business environments. Information Technology for Development, 20(4), 319-331.
Eby, L. T., Casper, W. J., Lockwood, A., Bordeaux, C., & Brinley, A. (2005). Work and family research in IO/OB: Content analysis and review of the literature (1980–2002). Journal of Vocational Behavior, 66(1), 124-197.
Kaufman, M., & Dant, R. (2015). Barriers to women entrepreneurship: The impact of limited resources and structural constraints. Entrepreneurship & Regional Development, 27(1-2), 107-128.
Kelley, D. J., Brush, C. G., Greene, P. G., & Litovsky, Y. (2016). Global entrepreneurship monitor 2015-2016 women’s entrepreneurship report. Global Entrepreneurship Monitor.
Kossek, E. E., & Ozeki, C. (1998). Work-family conflict, policies, and the job-life satisfaction relationship: A review and directions for organizational behavior-human resources research. Journal of Applied Psychology, 83(2), 139-149.
Miller, S. L., & France, E. (2014). The impact of organizational support on work-life balance for women entrepreneurs. Journal of Small Business Management, 52(2), 199-216.
Niederle, M., & Vesterlund, L. (2007). Do women shy away from competition? Do men compete too much?. Quarterly Journal of Economics, 122(3), 1067-1101.
Karimah, Isnah, Siti Nurhayati, and Wenty Ayu Sunarjo. "Determinan Yang Mempengaruhi Peningkatan Kinerja Womenpreneur Dalam Berwirausaha." Pena: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 38.2 (2024): 81-96.
Tuzzahrok, F. S., & Murniningsih, R. (2021, October). Pengaruh motivasi dan kreativitas dalam membentuk jiwa kewirausahaan terhadap womenpreneur. In UMMagelang Conference Series (pp. 765-769).
Alfarizi, Muhammad, et al. "Digital Banking Dalam Akselerasi Pemberdayaan Ekonomi Womenpreneur Indonesia: Eksplorasi Sosial-Ekonomi Dan Peran LPS Berbasis PLS-SEM." Jurnal Magister Ekonomi Syariah 2.2 (2023): 1-32.
Alfatiha, Raja Ainaya, Margo Purnomo, and Ratih Purbasari. "Systematic Mapping Study: Peran Women Entrepreneurship dalam Networking pada UMKM Pariwisata." Bahtera Inovasi 5.2 (2022): 98-105.
Rahmawati, Diya Rofika. "Coaching Womanpreneur Langkah Penawar Menghadapi Rivalitas di Era Digitalisasi." BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi 9.2: 119-134.
Hendrayati, Heny, and Vanessa Gaffar. "Innovation and marketing performance of womenpreneur in fashion industry in Indonesia." Procedia-Social and Behavioral Sciences 219 (2016): 299-306.
Hendratni, Tyahya Whisnu, and Ermalina Ermalina. "Womenpreneur, peranan dan kendalanya dalam kegiatan dunia usaha." Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi dan Manajemen 2.2 (2013): 170-178.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Keuangan dan Kewirausahaan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.