STRATEGI KOMUNIKASI PENYIARAN DALAM PROGRAM ACARA SIRAMAN ROHANI HINDU DI LPP TVRI BALI

Penulis

  • Ni Putu Sinta Lestari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Made Yuliani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Nyoman Subagia Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/anubhava.v2i1.892

Abstrak

Beragama perlu adanya sebuah strategi. Hal ini menjadi sebuah tantangan Masyarakat Bali pada khususnya untuk memahami ajaran Agama Hindu. Sehingga untuk mencapai hal tersebut, Agama Hindu menjabarkan menjadi tiga kerangka dasar, (Tatwa /filsafat, Etika/susila, dan Upacara/ritual) yang satu dengan lainnya saling isi mengisi dan merupakan satu kesatuan yang bulat untuk dihayati dan diamalkan guna mencapai tujuan agama yang disebut Jagadhita dan Moksa. Siraman rohani dalam hindu salah satunya adalah dharma wacana. Dalam melakukan dharma wacana di media massa seperti di LPP TVRI Bali melalui program acara siraman rohani hindu perlu melakukan sebuah strategi, metode dan teknik untuk menarik masyarakat agar lebih berminat untuk menonton tayangan program acara siraman rohani hindu. Terdapat tiga permasalahan dalam penulisan ini, yaitu: (1) Bagaimana Pemilihan Topik Program Acara Siraman Rohani Hindu di LPP TVRI Bali terhadap masyarakat, (2) Bagaimana Strategi Komunikasi Penyiaran Dalam Program acara siraman rohani hindu di LPP TVRI Bali, (3) Bagaimana dampak masyarakat terhadap program siraman rohani hindu di LPP TVRI Bali.Teori yang digunakan adalah Teori Agenda Setting dan Teori Dependensi Efek Komunikasi Massa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penyajian data menggunakan deskriptif kualitatif. Temuan penelitian ini antara lain Pemilihan Topik program acara diperlukan merencanakan dan mempersiapkan narasumber dan penyiar yang berkompeten di bidangnya dan penyampaian topik menggunakan metode dan teknik yang tepat. Strategi Komunikasi Penyiaran yang digunakan untuk menarik menonton dengan mengaplikasikan strategi penyiaran dengan menggunakan sosiodrama, strategi promosi melalui media sosial dan strategi komunikasi persuasif . Evaluasi dalam penerapan strategi seperti evaluasi proses tayang, evaluasi bagi narasumber, evaluasi produksi. Dampak program acara siraman rohani terhadap masyarakat adalah seperti adanya dampak Kognitif, dampak afektif, dampak behavioral.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Penyiaran, Program Acara, Siraman Rohani Hindu

Referensi

Harnika Nyoman, 2020. Strategi Komunikasi Melalui Media Visual Penyuluh Agama Hindu Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Mataram. Jurnal Sasak: Desain Visual Dan Komunikasi. 02 (2) 67-74

Hidajanto Djamal dan Andi Fachruddin. 2011. Dasar-Dasar Penyiaran. Jakarta, Kencana, Prenada Media Group.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.(2008). Teori Komunikasi, edisi 8. Jakarta: Salemba Humanika.

Morissan, M.A. 2011. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta. Kencana

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Untung Suhardi, 2018. Strategi Komunikasi Penyuluh Agama Hindu (Studi Pembinaan Umat Hindu Di Dki Jakarta). Jurnal Dharmasmrti, 9 (2), 1 – 123

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30
Abstrak viewed = 237 times