PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI, KUALITAS WEBSITE DAN KONTEN MEDIA INSTAGRAM TERHADAP CITRA PEMERINTAH KOTA DENPASAR PADA BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN SEKRETARIAT DAERAH KOTA DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.25078/anubhava.v3i1.2807Abstrak
The use of social media, particularly Instagram by local government can quickly reach everyone. Through social media, the government can provide direct and open contributions, get feedback, allow commenting and share information quickly and without limits. This research aims to determine the effectiveness of using Instagram to improve the image of the Denpasar City Government through interactions and feedback from social media followers as a form of public information openness, implemented by the Public Relations Department in responding to news and promoting a positive image in the community. This research found that Communication Strategy, Website Quality and Instagram Content have an impact on the Government's Image. Although each independent variable can influence the dependent variable, significant results will only occur if all variables are implemented optimally.
Referensi
Agung Wasesa,Silih. 2005. Strategi Public Reations. Jakarta : Gramedia Pustaka
Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Bungin, Burhan. (2008) Metodologi penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta : Kencana.
Bungin, Burhan. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group. Cendekiawan,
Aziz Bachtiar. 2015. “Efektivitas Penggunaan Sosial Media Twitter sebagai Media Promosi Kesehatan”. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Darmawan, Deni. & Fauzi, Kunkun Nur. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dianingtyas, Bendecta Salindri. Pengaruh Kualitas Website Terhadap Citra Pemerintah Kab. Wonogiri. 2014. UAJY.
Effendi, Onong Uchana. (2004) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane.(2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Maslan, Andi. (2014). Pengukuran Kualitas Layanan website Pemerintah Kota Batam Menggunakan Metode WebQual 4.0. Jurnal Teknik Informatika Universitas Putera Batam.
Onong, (1991). Ilmu komunikasi: teori dan praktek edisi 12. Bandung: Remaja Rosdakary
Pemerintah Kota Denpasar. (2022). Buku Selayang Pandang Kota Denpaasar
Rosania. (2016). Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Iteraksi layanan website perpustakaan Universitas Riau tehadap Kepuasan Pengguna. Jurnal FISIP UR Vol.3 No.2.
Ruslan, Rosady. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Setyo, Dekeng B dan Dessy Ari Rahmawati. (2015). Pengaruh Kualitas Informasi dan Kualitas Sistem informasi terhadap kepuasan serta kinerja pengguna sistem informasi. Jurnal Bisnis dan ekonomi, Vol.6 No 1.
Scott M., Center, Allen H. & Broom, Glen M. (2006). Effective Public Relations Edisi Ke- Sembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uchjana, Silfianti, Widya dkk. (2010). Model Pemeringkatan Website Pemerintah Daerah di Indonesia. Universitas Gunadarma.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosadarkarya.
Suhandang, Kustadi. (2012). Studi Penerapan Public Relations Pedoman Kerja Perusahaan. Bandung:Nuansa Cendikia.
Sunyoto, Danang. (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: MedPress.
Sutojo, Siswanto. (2004). Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.
Syaifullah dan Dicky Oksa Soemantri. (2016). Pengukuran Kualitas website menggunakan Metode webqual 4.0 Studi Kasus : Zamrud Multimedia Network. Jurnal UIN Suska Riau Vol.2 No.1.
Timothy. 2007. Ongoing crisis communication. California:Sage Publications Cutlip,
Utama Arifin, Anwar, (1984). Strategi Komunikasi. Bandung.
Armico Coombs, Yuhefizar., Mooduto, HA., Hidayat, Rahmat. (2009). Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomla. Jakarta: Gramedia.
Yuhefizar, Mooduto & Hidayat, Rahmat. (2005). Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi HIndu
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Anubhava: Jurnal Komunikasi Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi