IMPLEMENTASI SOSTAC DALAM STRATEGI KOMUNIKASI MARKETING PUBLIC RELATIONS (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA RUANG KREATIF GEDUNG DHARMA NEGARA ALAYA DENPASAR)
DOI:
https://doi.org/10.25078/anubhava.v3i2.2708Kata Kunci:
SOSTAC, Public Relations, Public Communication, MarketingAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komunikasi marketing public relations di Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar. Sebagai jawaban atas program yang ditetapkan oleh pemerintah Kota Denpasar dalam wujud Ruang Kreatif Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar. Permasalahan yang dikaji dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah implementasi SOSTAC dalam strategi komunikasi marketing public relationss pada ruang kreatif Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar? 2) Bagaimanakah strategi komunikasi marketing public relationss pada ruang kreatif Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar? 3) Bagaimanakah kiat-kiat komunikasi marketing public relationss ruang kreatif Gedung Dharma Negara Alaya Denpasar?
Dengan penelitian kualitatif deskriptif, hasil analisis dengan metode SOSTAC untuk strategi digital marketing dan strategi komunikasi marketing public relations. Setelah dianalisis dengan metode SOSTAC, kemudian masing-masing rumusan masalah dibedah dengan teori public relations, teori komunikasi persuasif, dan teori interaksionisme simbolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Implementasi SOSTAC (Situation, Objective, Strategi, Tactic, Action, Control) telah sesuai dengan penerapan komunikasi yang dikalankan oleh public relations team, 2) Strategi komunikasi yang dilakukan secara persuasif dan edukatif sehingga menarik minat masyarakat, 3) Dharma Negara Alaya memiliki komitmen tinggi untuk implementasi standar pelayanan publik yang telah ditetapkan. Kesimpulan, pelaksanaan komunikasi marketing public relations sudah sesuai dengan prinsip dan hirarki organisasi, melaksanakan komunikasi publik denan baik, professional, dan sesuai dengan prosedur sebagaimana yang telah disimpulkan penliti.
Kata kunci: SOSTAC, Public Relations, Komunikasi Publik, Marketing
Referensi
Abdullah, Irwan. 2006. Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Anon. 2016. “Cowley, M. (2016). „Jellies & Jaffas‟: Applying PR Smith‟s SOSTAC Model to an Online Confectionary Start-Up. Innovation & Management Science EJournal, September 2016.” (September).
British Council (https://theconversation.com/ diunduh pada 10 November 2022)
Cangara, Hafied. (2013), Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cutlip, Scott. M., Center Allen H. & Broom.Glen. M. (2009), Effective Public Relations, Ed. 9. Jakarta: Kencana.
Cutlip, Center, dan Broom. 2011. Effective Public Relations Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana.
Cowley, Michelle B. 2016. Jellies & Jaffas: Applying PR Smith‟s SOSTAC Marketing Model to an Online Confectionary Start-Up.” SSRN Electronic Journal (January 2016)
Danandjaja. 2011. Peranan Humas Dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Elisse, J. T. (2019). CREATIVE HUB DI YOGYAKARTA. Tugas Akhir, 3.
Kotler & Kevin Lane, 2009. Hal. 40. Marketing Management. Jakarta: Erlangga
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Landau, J.C. 2016. The historic Hawthorne hotel: improving customer service Emerald Group Publishing Limited.
Mulyana, Deddy, 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu JURNAL ILMU SOSIAL-FAKULTAS ISIPOL UMA ISSN: 2085 – 0328 PERSPEKTIF/ VOLUME 4/ NOMOR 2/ OKTOBER 2011 110 Sosial Lainnya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, D. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: Alfbeta.
Mulyadi. 2015. Implementasi, Those activities directed toward putting a program into effect. Volume 12, 24, &45.
Mulyadi, Deddy .2015 Study Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Alfabeta. Bandung.
Naditya, “Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Sampah (Suatu Studi di Dinas Kebersihan dan Pertamanan …,” Jurnal Administrasi Publik, 2013.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Oemi Abdurrachman. 1995. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Onong Uchjana Effendy, Op.Cit, h. 32. Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi, (Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2018), h. 27.
Pusat Pembinaan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakrta: Balai Pustaka. h. 520
Prastya, N. M. 2016. “Problem Struktural dalam Praktek Peran Manajerial Public Relations: Kasus Indonesia”. Jurnal Komunikasi, 8(2):107-119. Diunduh pada 28 Maret 2023 dari https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/62/143
Prisgunanto, Ilham. (2006), Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik, Bogor: Ghalia Indonesia.
Pogorelova, Elena V., Irina V. Yakhneeva, Anna N. Agafonova, and Alla O. Prokubovskaya. 2016. “Marketing Mix for E-Commerce.” International Journal of Environmental and Science Education 11(14):6744–59.
Ruliana dan Dwiantari. 2015. “Strategi Public Relations Hotel dalam Membentuk Citra Objek Wisata”. Jurnal Komuniasi ASPIKOM, 2(4):255-271. Diunduh pada 5 Mei 2022 dari http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/76/74
Safanta, A., M. R. Shihab, N. F. A. Budi, F. F. Hastiadi, and I. Budi. 2019. “Digital Marketing Strategy for Laboratories Marketplace.” in Journal of Physics: Conference Series.
Sanjaya, 2019. pemanfaatan bale banjar sebagai ruang kreativitas anak muda di kota Denpasar, jurnal neliti.com
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Sawitri, Adnya. N.P. (2017). Tipologi Perkembangan Pemanfaatan Bale Banjar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhnya. Studi Kasus: Kota Denpasar, Provinsi Bali. Seminar Nasional SPACE #3. 2017.
Sutrisna Dewi, Komunikasi Bisnis, (Yogyakarta: CV Andi Offset, 2007), h. 106
Smith, P. R. 2011. The SOSTAC(r) Guide To Writing The Perfect Marketing Plan. SOSTAC Planning System (ww.prsmith.org/sostac) diunduh pada 2 Maret 2023
Simatung, dkk, 2009. Analisis Kebijakan Pengembangan Industri Kreatif Di Kota Bandung, jurnal neliti.com
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1987. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES. h 33
Syahida, Agung, Bayu. (2014). Implementasi Perda Nomor 14 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Tanjungpinang (Study Kasus di Kelurahan Tanjung Unggat). Jurnal Umrah 1 (1): 1-10.
Syaukani dkk. 2015. Implementasi.Volume 229: Penerbit Pratama.
Tahir, Arifin. 2014. Kebijakan Publik & Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Cetakan Kesatu. Bandung: Alfabeta CV.
Taufik dan Isril, 2013. Implementasi Peraturan Daerah Badan. Permusyawaratan Desa. Jurnal Kebijakan Publik, Volume 4, Nomor 2.
Theconversation.com/latah-membangun-creative-hub-di-jakarta-dan-kota-besar-potensial-mendorong-ekonomi-kreatif diunduh pada 10 November 2022)
Tjiptono, Fandy and Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi Dan Aplikasi
Utami dkk. 2020. “Peran Humas Kabupaten Boyolali dalam Menunjang Keberhasilan City Branding Kabupaten Boyolali”. Jurnal Paradigma, 21(1):17-28. Diunduh pada 7 Mei 2023 http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/paradigma/article/view/2757/2268
Wahyu (Mulyadi). 2015. Studi Implementasi. Volume 50.
Wirajaya, dkk. 2020. Perancangan Media Promosi Dharma Negara Alaya "Modern Creative Hub" Rumah Kreativitas Kota Denpasar, Jurnal Seralas Rupa Vol. 1 No.2 - Desember 2020
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi HIndu
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Anubhava: Jurnal Komunikasi Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi