STRATEGI KOMUNIKASI TIM EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS SUMBER DI DESA UBUNG KAJA

Penulis

  • Bhimantara Ari Sugandi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Relin D.E Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Made Yuliani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.25078/anubhava.v3i2.2439

Kata Kunci:

strategi komunikasi, sampah, pengelolaan sampah berbasis sumber, tim edukasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk strategi komunikasi Tim Edukasi Pengelolaan Sampah berbasis Sumber di Desa Ubung Kaja. Penelitian ini dilakukan di Desa Ubung kaja. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan beberapa teknik pengumpulan data yang antara lain adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, kemudian dianalisis dan diinterpretasi sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan agar hasil yang diproleh benar-benar dapat dipertanggungjawabkan serta diproleh pemahaman yang lebih luas yang memberikan edukasi mengenai pengelolaan sampah berbasis sumber. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa Tim Edukasi menggunakan konsep strategi komunikasi Middleton yang dinilai cocok dengan program yang akan dilaksanakan yaitu penyuluhan mengenai pengelolaan sampah berbasis sumber dengan cara persuasif, yaitu merumuskan perencanaan dengan menentukan komunikator, pesan yang disampaikan, media yang digunakan, dan sasaran. Proses komunikasi yang dilakukan Tim Edukasi tidak selamanya mulus, sebab aka nada kendala, yang dihadapi. Untuk menganalisa kendala peneliti menggunakan analisis SWOT dan ditemukan faktor pendukung internal dan faktor pendukung eksternal, serta faktor penghambat internal dan eksternal. Dari faktor tersebut dianalisa kembali menggunakan analisis Matrix SWOT untuk menemukan upaya atau solusi dari kendala tersebut. Selain kendala dan upaya, tentunya ada efek komunikasi yang diharapkan oleh tim edukasi, diperoleh tiga implikasi, yaitu implikasi kognitif yang berkaitan dengan pengetahuan masyarakat yang memahami perbedaan jenis sampah, implikasi afektif yaitu berkaitan emosi yang tertanam dalam masyarakat dan tim edukasi seperti perasaan, serta tanggungjawab. Implikasi behaviorisme merupakan perubahan sikap, atau perilaku yang diharapkan, yaitu masyarakat sudah mulai memahami bagaimana cara memilah sampah, membuat pupuk kompos, lubang biopori, eco enzyme, serta menjadi nasabah Bank Sampah

 

Kata Kunci:    strategi komunikasi, sampah, pengelolaan sampah berbasis sumber, tim edukasi

Referensi

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafied. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prawiro, M. 2018. Pengertian Sampah : Jenis , Dampak, dan Cara Penangannya. Retrieved From : Pengertian SAMPAH adalah: Jenis, Dampak, dan Cara Penanganannya (maxmanroe.com) , diakses pada 10 Juli 2022.

Yudha. 2022. Program Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber dan Pendukungan UMKM Naik Kelas di Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kotamadya Denpasar. Communitie Service Journal (CSJ), 4(2), 150-156.

Wartama, I Nyoman Widnyana. 2020. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Melalui Bank Sampah Di Desa Sidakarya Denpasar Selatan. PARTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1, Juni 2020

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung PT. remaja Rosdakarya.

Efendi, Onong Uchjana. 1988. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja. Rosdakarya.

Diterbitkan

2023-09-01
Abstrak viewed = 196 times