Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Menuju Anak Suputra Dalam Persefektif Teologi Sosial
DOI:
https://doi.org/10.25078/vs.v9i2.3165Keywords:
Peran orang tua, Anak suputra, Teologi sosialAbstract
Peran orang-orang tua dalam meningkatkan pendidikan anak menuju anak suputra, menjadi suatu hal yang sangat penting terlebih di era digitalisasi. Adanya gadget sebagai salah satu prodak di tengah kemajuan teknologi informasi, telah memberikan dampak positif dalam bidang pendidikan anak. Di lain pihak tentu tidak bisa dihindari dampak negatif yang ditimbulkan. Oleh sebab itu dibutuhkan peran dan kehadiran orang tua, tidak saja terbatas dalam kontek ritual, melalui upacara keagamaan, melainkan pula dalam kontek karitas sosial sebagai aksiologi dari teologi sosial. Penetian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan pendidikan anak menuju anak suputra. Lewat Metode Kulitatif dan deskriptif dapat diketahui peran orang tua dalam meningkatkan pedidikan anak menuju anak suputra, dengan memperhatikan perannya yang meliputi, orang yang melahirkan, memberikan makanan, menolong jika dalam kesusahan atau bahaya, mengupayakan pendidikan yang baik serta melakukan penyucian sarira samskara kepada anak. Secara teologi sosial beberapa tindakan tersebut, sebagai bentuk karitas sosial yang dilakukan orang tua kepada anak, yang didasarkan atas keyakinan yang dianut menuju tercapainya anak suputra, sebagai wujud aksiologi teologi sosial.